Makin Banyak Orang Tertarik Cari Tahu Soal Harbolnas

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 13 Dec 2018 08:30 WIB
e-commerce
Makin Banyak Orang Tertarik Cari Tahu Soal Harbolnas
Ilustrasi.

Jakarta: Jumlah penelusuran online terkait Hari Belanja Nasional di Indonesia terus naik, menurut survei CupoNation, portal diskon.

Harbolnas diadakan setiap 12 Desember. Pada awalnya, kampanye diskon besar-besaran ini diadakan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia terkait belanja online. Kampanye yang pertama kali diadakan pada 2012 ini juga memiliki tujuan untuk memajukan industri e-commerce Indonesia.

Jumlah penelusuran kata kunci "Harbolnas" pada Google naik 20 persen pada 2017 jika dibandingkan dengan pada 2016. Ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang tertarik dengan kegiatan tersebut.

Tidak aneh, mengingat jumlah pengguna internet di Indonesia memang terus naik. Meskipun begitu, infrastruktur internet di Indonesia masih tidak merata. Inilah yang menyebabkan kesenjangan kesadaran aan Harbolnas.

Dalam dua tahun tearkhir, Banten adalah kawasan yang memiliki volume pencarian Harbolnas terbesar, diikuti oleh Yogyakarta, dan Jakarta.

Menariknya, hasil pencarian Black Friday justru muncul dari luar Jawa, yaitu di kawasan yang memiliki banyak warga negara asing, seperti Papua Barat, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Saat ini, Harbolnas, pengunjung situs e-commerce akan naik. Dari survei CupoNation, lima situs e-commerce yang paling banyak dicari adalah Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Zalora.

Harbolnas bukanlah satu-satunya kampanye festival diskon. Ada beberapa momen lain yang cukup populer, meski Harbolnas memang acara yang paling populer. Empat acara lainnya yang juga terkenal adalah Black Friday, 11.11, 10.10, dan Cyber Monday.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.