MediaTek Tengah Kembangkan Chipset 5G

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 02 Nov 2018 11:17 WIB
mediatek
MediaTek Tengah Kembangkan Chipset 5G
MediaTek tengah mengembangkan modem 5G mandiri, serta chipset 5G terintegrasi.

Jakarta: MediaTek mengumumkan modem 5G pertamanya, Helio M70, diprediksi akan mendukung perangkat pada pertengahan tahun pertama tahun 2019.

Perusahaan asal Tiongkok ini juga menyebut tengah mengembangkan chipset 5G terintegrasi. Chipset 5G terintegrasi ini akan tersedia di pasar lebih lambat, diperkirakan pada akhir tahun 2019 mendatang.

Artinya perangkat pertama yang didukung oleh chipset 5G terintegrasi karya MediaTek ini akan tersedia di pasar pada tahun 2020 mendatang.

Sementara itu, modem M70 mandiri berarti bukan bagian dari chipset. Modem ini dinilai cukup mampu mendukung ambisi MediaTek untuk memasok modem 5G untuk Apple, sebab iPhone menggunakan chip modem eksternal, dan saat ini sebagian besar iPhone menggunakan chip modem karya Intel.

Tidak hanya Intel, Qualcomm yang sempat terlibat permasalahan hukum dengan Apple juga memiliki model 5G eksternal. Modem terintegrasi pada chipset lebih diminati produsen smartphone sebab membantu menurunkan biaya produksi produk.

Apple memang mampu mengeluarkan biaya produksi lebih banyak, tetapi GSM Arena menyebut kehadiran chipset 5G terintegrasi ini akan disambut baik oleh produsen lain yang beroperasi dengan modal minim dan harus menghemat biaya produksi.

MediaTek juga tengah bersiap untuk mengubah anggaran Research and Development (R&D) perusahaannya untuk pengembangan teknologi 5G.

Saat ini, MediaTek tengah menunggu momen tepat karena industri tengah dalam periode transisi. Investasi di ranah 5G yang digelontorkan MediaTek juga diperkirakan akan melebihi investasinya di 4G.


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

5 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.