Telkomsel dan PLN Disjaya Pasang Solusi NB-IoT

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 30 Oct 2018 18:22 WIB
telkomsel
Telkomsel dan PLN Disjaya Pasang Solusi NB-IoT
Telkomsel mengumumkan kerja sama dengan Perusahaan Listrik Nasional (PLN) DISJAYA terkait NB-IoT.

Jakarta: Telkomsel mengumumkan kerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) DISJAYA dalam implementasi solusi Narrow Band - IoT (NB-IoT).

Solusi ini akan diterapkan pada sistem Advanced Metering Infrastructure (AMI) pada sejumlah pelanggan besar PLN di wilayah DKI Jakarta.

"Kerja sama ini akan saling menguntungkan bagi PLN dan Telkomsel, karena dapat saling bersinergi dalam menghadirkan layanan terbaik untuk masyarakat. Teknologi ini akan sesuai untuk mesin ke mesin yang butuh data kecil tapi terus menerus," ujar VP Corporate Account Management Telkomsel Primadi K. Putra.

Kerja sama ini juga disebut sebagai bentuk dukungan Telkomsel dalam proses transformasi digital yang tengah dijalankan oleh PLN. Kerja sama ini disambut baik oleh PLN, yang menyebut solusi ini dapat membantu menurunkan biaya dan konsumsi daya operasional.

Sebab sebelumnya, PLN telah memanfaatkan teknologi 3G dari Telkomsel untuk melakukan montoring dan pembacaan alat pengukur daya listrik atau metering di sejumlah alat untuk pelanggan korporasi besar, serta sejumlah gardu di 23 ribu titik gardu di Jakarta.

Baik Telkomsel dan PLN menyebut saat ini belum berencana untuk mengimplementasikan solusi ini pada alat metering pelanggan rumahan.

Rencana implementasi ini, diakui Senior Manager Distribusi PLN UID Jakarta Raya Faisol, baru akan dipertimbangkan setelah memperoleh hasil pengujian.

Sebagai informasi, teknologi akses NB-IoT AMI ini merupakan bagian dari pengembangan platform IoT Smart Connectivity Telkomsel yang sudah hadir terlebih dahulu dengan 2G/3G/4G.

Sementara itu, AMI merupakan bagian dari Smart Grid yang berfungsi sebagai “last mile” atau akses pelanggan dengan perangkat dan alat terhubung secara online dengan server terpusat.


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

4 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.