Sekali Jatuh, iPhone X Langsung Retak

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 05 Nov 2017 16:29 WIB
iphoneiphone x
Sekali Jatuh, iPhone X Langsung Retak
Penampakan iPhone X yang mengalami retak di bagian punggungnya setelah dilakukan uji drop test.

Metrotvnews.com: Jika Anda sudah membeli atau memesan iPhone X, sangat disarankan untuk segera membeli casing pelindung bodi dan pelapis layarnya sebelum menggunakannya.

Anda tidak akan menyesali saran yang Metrotvnews.com berikan, sebab beberapa informasi yang beredar sudah membuktikan seberapa rentan material dari smartphone terbaru buatan Apple yang dijual dengan harga USD999 atau setara Rp13juta.

Jika Anda membeli di Singapura, menurut situs Apple harga yang dijual di negara tersebut adalah USD1648 atau setara Rp22 juta.

Berdasarkan laporan dari CNET yang melakukan uji jatuh atau drop test pada iPhone X, diperoleh hasil yang mengejutkan. Smartphone tersebut langsung mengalami retak pada bodinya pada uji jatuh pertama. Sebelum melakukan pengujian tersebut, tentu saja dilakukan pengujian terhadap goresan.



Pada video tersebut, dijelaskan iPhone X punya lapisan depan dan belakang, yang terdiri dari material kaca dengan bingkai berbahan stainless steel, bukan aluminium seperti smartphone pada umumnya. Pada uji gores menggunakan kunci, terlihat benda tersebut tidak meninggalkan bekas goresan pada tubuh iPhone X.

Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku ketika dilakukan uji gores menggunakan sandpaper atau kertas amplas yang bisa Anda temukan di toko bahan bangunan. Ketika menggunakan kertas amplas dengan tingkat kekasaran medium maka terlihat jelas punggung iPhone X tergores.



Beralih ke uji jatuh atau drop test. iPhone X dijatuhkan ke trotoar dari ketinggian kurang dari 1 meter atau dengan skenario smartphone jatuh dari kantong celana pengguna. Pada uji coba pertama, terlihat jelas iPhone X mengalami retak di bagian sudut yang terlihat menjadi bagian yang terbentur paling pertama.

Pada saat pengujian drop test kedua kali, retakan yang ditinggal memanjang hingga ke bagian depan. Terlihat jelas material kaca iPhone X sangat rentan pecah. Sangat wajib bagi pengguna iPhone X untuk melengkapi perangkatnya dengan pelindung bodi dan lapisan layarnya.



Perlu diketahui garansi AppleCare+ menambah biaya harga perangkat Anda sebesar USD279. Selain itu berdasarkan informasi yang beredar, kerusakan seperti penggantian lapisan kaca pada punggu smartphone tidak termasuk dalam garansi yang bisa diklaim. Jadi, Anda akan dikenakan biaya lagi sebesar USD500 untuk mengganti punggung iPhone X.


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

13 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.