ASUS NovaGo, Laptop Pertama Windows 10 Adopsi Snapdragon

Fitra Iskandar    •    Rabu, 06 Dec 2017 18:46 WIB
asusqualcomm
ASUS NovaGo, Laptop Pertama Windows 10 Adopsi Snapdragon
ASUS baru saja meluncurkan laptop baru, NovaGo.

Amerika Serikat: Perusahaan komputer, ASUS memamerkan laptop anyar mereka di Maui Hawaii, Amerika Serikat, ASUS NovaGo. Apa keunggulannya? Laptop ini memiliki karakter ponsel cerdas, dalam hal konektivitas.   

Tak Perlu Selalu Mencari Wi-Fi

Laptop tidak seefisien telepon genggam terutama dalam masalah konektivitas. Tetapi dengan prosesor Snapdragon 835 yang terhubung dengan modem Snapdragon X16 Long Term Evolution (LTE), Wi-Fi jadi bukan isu di ASUS NovaGo. 

Seperti  ponsel yang ditenagai prosesor Snapdragon 835, mobile PC platform di jantung ASUS NovaGo juga membuat penggunanya dapat secara otomatis mengganti jaringan dari Wi-Fi  ke Gigabit LTE. Singkatnya laptop ini menawarkan pengalaman dijinjing kemana-mana seperti ponsel cerdas.

“Semakin banyak konsumen meminta PC yang lebih praktis, lebih produktif, lebih hiburannya, yang dapat terhubung kapanpun dengan konektivitas yang konstan.

“Kami benar-benar ingin membawa manfaat kecepatan LTE kedalam kehidupan di dalam PC yang punya kategori selalu terkoneksi. Sekarang izinkan saya mengenalkan laptop paling pertama dengan gigabit LTE,” ujar CEO ASUS Jerry Shen, di panggung Qualcomm Snapdragon Technology Summit 2017 di Hotel Grand Wailea, Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Selasa 5 Desember 2017.

Diklaim Sangat Irit Baterai  

Keunggulan lain yang disebut adalah daya baterainya yang tahan lama. Baterai ASUS NovaGo diklaim bisa dipakai 22 jam untuk memainkan video, tanpa pengisian daya, dan 30 hari untuk mode standby.

Meski menggunakan prosesor Snapdragon layaknya smartphone, laptop ini beroperasi dengan Windows 10 sehingga lebih familier. Faktanya, ASUS NovaGo adalah laptop berbasis Windows pertama yang ditenagai dengan Snapdragon.

Memiliki Windows sebagai sistem operasinya berarti semua aktivitas di Microsoft Office, seperti melakukan copy paste dari Microsoft Word ke Microsoft Power Point, atau membuat gambar di MS Excel dan memindahkannya ke MS Word, bisa dikerjakan dengan lebih lembut di PC berlayar 13.3 Inchi ini. Minim lag

Lebih kecil lebih ringan

Di Snapdragon 835, tersemat Qualcomm Kryo 280 CPU, Qualcomm Adreno 540 GPU, dan Qualcomm Hexagon 82 DSP, dengan fungsi pemprosesan data masing-masing, yang secara ukuran, 50 persen lebih kecil dari kompetitor. Jadinya selain hemat baterai, tanpa mengurangi performanya, laptop ini cukup ringan, 1,3 Kg.

Harga ASUS NovaGo dibanderol USD599 (Rp8,1 juta) dengan 4GB Ram/64GB storage. Sementara unit dengan kapasitas 8GB Ram/256GB Storage dihargai USD779 (Rp10,6 juta). ASUS NovaGo, baru dipasarkan di Amerika dan TIongkok serta beberapa negara lain tahun depan.


(MMI)