Pertarungan Robot AS Lawan Jepang Digelar 17 Oktober

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 13 Oct 2017 08:15 WIB
teknologi
Pertarungan Robot AS Lawan Jepang Digelar 17 Oktober
Tampilan robot tim Jepang (kiri) dan Amerika Serikat (kanan) setahun yang lalu.

Metrotvnews.com: Perusahaan robotik asal Amerika Serikat dan Jepang akan merealisasikan pertandingan robot ala animasi Gundam pada tanggal 17 Oktober nanti. Penonton di seluruh dunia bisa menyaksikan pertandingan robot paling brutal yang pernah dilakukan.

Dilaporkan oleh Mashable, Perusahaan robotik Megabots Inc. asal Amerika Serikat dan Suidobashi Heavy Industries asal Jepang baru saja merampungkan robot raksasa yang diciptakan sengaja untuk pertandingan yang sudah direncanakan sejak dua tahun belakangan.

Waktu yang cukup lama tersebut untuk sebuah pertandingan robotik disebabkan pihak Jepang hanya mau jika pertarungan yang dilakukan benar-benar brutal. Misalnya, bisa menggunakan senjata seperti paintball raksasa untuk memukul mundur lawan, dan melakukan serangan seperti pukulan yang benar-benar keras.



Mengandalkan layanan donasi crowfunding Kickstarter, tim robot Amerika akhirnya mengajukan penerimaan donasi untuk meningkatkan kemampuan robot mereka. Perhelatan ini ternyata menarik minat banyak orang, sehingga terkumpul dana sebesar USD500 ribu atau setara Rp6 miliar.

Pihak Megabots Inc. menyatakan bahwa mereka tidak ingin pertandingan ini hanya dilakukan sekali. Justru mereka ingin pertandingan robot skala raksasa semacam ini mejadi sebuah hiburan yang umum bagi para penggemar fiksi ilmiah dan masuk ke dalam kategori esport.

Nantinya, kedua robot akan bertarung dengan kendali manusia di dalam kokpit. Robot tim Amerika Serikat 'Eagle Prime' memiliki postur tubuh setinggi 16 kaki dengan bobot 24.000 pound, setara 10 ribu kilogram. Sementara robot tim Jepang 'Kuratas' memiliki tinggi 13 kaki dengan bobot 13.000 pound atau setara 5 ribu kilogram.

JIka tidak ada kendala, pertandingan ini akan digelar 17 Oktober nanti dan bisa disaksikan secara streaming di layanan Twitch.




(MMI)

Video /