Logitech Rilis Software Khusus Proyeksi Keyboard di VR

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 07 Nov 2017 15:40 WIB
logitech
Logitech Rilis Software Khusus Proyeksi Keyboard di VR
Kini Anda bisa melihat bentuk fisik keyboard lewat VR

Metrotvnews.com: Mengetik di keyboard saat menggunakan headset virtual reality memang sangat sulit, karena kedua mata Anda tidak bisa melihat bentuk keyboard secara fisik.

Permasalahan itu ingin diselesaikan oleh Logitech. Produsen peripheral komputer tersebut baru saja mengumumkan Bridge SDK, sistem yang memungkinkan Anda  melihat bentuk keyboard secara fisik di lingkungan virtual.

Bridge bekerja dengan sebuah tracker khusus yang diposisikan di ujung keyboard. Melalui tracker tersebut, Anda  bisa melihat bentuk fisik keyboard di dunia virtual. Bridge SDK juga memungkinkan Anda untuk melihat simulasi tangan yang sedang menekan keyboard, sehingga Anda tidak akan salah menekan tombol meski sedang menggunakan headset VR.

Fitur tambahannya, Anda bisa mengubah tampilan keyboard sesuai dengan keinginan. Selain itu, SDK ini juga bsia digunakan di berbagai keyboard lainnya. Sejauh ini tampaknya memang hanya keyboard Logitech yang mendukung penggunaan SDK ini.

Beragam aplikasi juga bisa digunakan dengan Bridge SDK selama aplikasi tersebut dibangun menggunakan SteamVR.



"Kami percaya keyboard harus selalu terlihat secara fisik, baik itu saat Anda bermain game atau kegiatan lainnya. Ini karena Anda akan mendapatkan nuansa yang berbeda ketika memakai PC tanpa melihat keyboard secara fisik," jelas Logitech dikutip dari PC GAMER.

Logitech mengatakan, saat ini pihaknya menyediakan 50 unit perangkat lengkap beserta Bridge SDK secara gratis. Ke depannya, Logitech akan menjual SDK beserta Keyboard seharga USD150 atau sekitar 1,9 juta. Sementara tracker khususnya akan dibanderol seharga USD99 atau sekitar 1,3 juta.


(MMI)