Celah di iOS 11 Cegah Pengguna Ketik Huruf I

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 07 Nov 2017 08:03 WIB
apple
Celah di iOS 11 Cegah Pengguna Ketik Huruf I
Sejumlah pengguna iPhone iOS 11 menemukan bug baru, mencegah mereka untuk mengetik huruf I yang akan muncul sebagai huruf A.

Metrotvnews.com: Sejumlah pengguna menemukan bug baru di iOS 11, pada sistem prediksi teks berbasis cloud milik Apple. Bug tersebut dilaporkan mencegah pengguna iPhone mengetik huruf "I" pada perangkat mereka.

Bug tersebut menyebabkan pengguna yang mengetik huruf "I" pada perangkat disuguhi dengan huruf "A", didampingi dengan karakter unicode aneh, saat diketik di kolom teks. Karakter unicode tersebut muncul sebagai karakter tidak teridentifikasi "[?]" dan berada di sebelah huruf "A", atau sebagai lima batang horisontal yang tertumpuk satu sama lain.

Kemunculan unicode aneh tersebut dilaporkan berbeda, sesuai dengan aplikasi yang digunakan pengguna sebagai medium pengetikan huruf. Permasalahan ini dialami oleh sejumlah pengguna iPhone bersistem operasi iOS 10 dan iOS 11 dan pengguna perangkat Mac.

Cara penyelesaian dasar seperti melakukan reset pada kamus keyboard terpersonalisasi pengguna, atau dengan melakukan restart perangkat disebut salah satu pengguna Reddit tidak mampu memperbaiki permasalahan tersebut. Menurut MacRumors, staf Apple Support memberikan solusi sementara, dengan melakukan perubahan pada pengaturan "Text Replacement".

Bagi pengguna yang mengalami permasalahan akibat bug tersebut, dapat menerapkan solusi sementara dengan mengakses Settings, kemudian cari bagian General, kemudian Keyboard, lalu Text Replacement, dan mengganti seluruh penggunaan huruf kapital "I" dengan huruf "i" kecil.

Sebelumnya, sejumlah pemilik iPhone X mengaku mengembalikan ponsel cerdas unggulan terbaru Apple tersebut, akibat merasa kecewa dengan fungsi dan cara pakai fitur baru yang disuguhkan smartphone. Kekecewaan pengguna juga didorong oleh layar OLED yang dinilai tidak mampu menampilkan performa lebih baik jika dibanding panel LCD yang digunakan Apple pada iPhone 6s.

Sementara itu, persaingan Samsung dan Apple kembali memanas, ditandai oleh sindiran Samsung untuk Apple pada iklan terbarunya bertajuk Grow up with an upgrade Galaxy. Iklan tersebut menggambarkan perjalanan Samsung dan Apple sejak tahun 2007, melalui pria yang menemukan iPhone miliknya tidak lebih baik dari Samsung Galaxy di berbagai skenario.


(MMI)