Lebih Tegas, Facebook Tampilkan Akun Bot Rusia yang Anda Ikuti

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 23 Nov 2017 08:11 WIB
facebook
Lebih Tegas, Facebook Tampilkan Akun Bot Rusia yang Anda Ikuti
Untuk memperbaikin namanya di mata pemerintah Amerika Serikat sebagai layanan media sosial terpopuler di dunia, Facebook terus melakukan pembersihan layanannya dari akun dan konten propaganda buatan pemerintah Rusia.

Jakarta: Facebook kerap mendapat teguran dari pemerintah Amerika Serikat. Layanan milik Mark Zuckerberg tersebut terbukti lengah dan disusupi oleh pihak Rusia yang mengacaukan pemilihan presiden di Amerika Serikat tahun lalu.

Facebook telah memenuhi panggilan pemerintah Amerika Serikat untuk melaporkan jumlah akun dan konten di Facebook yang terbukti dibaliknya adalah propaganda Rusia.

Akun-akun tersebut kemudian digunakan untuk membeli layanan iklan di Facebook dengan nilai hingga ratusan ribu USD. Demi memperbaiki nama baik, layanan media sosial terbesar dunia tersebut telah menerapkan beberapa langkah serius.



Hari ini, lewat halaman blog resmi Facebook, mereka mengumumkan segera menghadirkan portal layanan khusus bagi pengguna Facebook apakah mereka mengikuti akun atau halaman grup yang merupakan akun bot atau rekayasa yang dilakukan oleh pihak Rusia.

Layanan ini tidak hanya digunakan pada Facebook, tapi juga Instagram. Facebook menjanjikan layanan tersebut sudah bisa dipakai di akhir tahun ini. Di dalamnya akan tersedia data akun bot yang terdeteksi sejak Januari 2015 hingga 2017, sesuai rentang waktu masa pemilihan presiden tahun lalu.

Namun, pengguna layanan tersebut nantinya hanya memperoleh informasi yang berisi akun bot rekayasa Rusia, yang tanpa sadar Anda ikut atau follow lewat akun Facebook Anda sendiri. Jadi, Anda tidak akan mengetahui secara utuh apa saja akun bot yang sudah terdeteksi Facebook.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /