Facebook akan Buat Robot untuk Rumah?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 07 Mar 2018 22:39 WIB
facebook
Facebook akan Buat Robot untuk Rumah?
Desain robot yang dibuat Facebook.

Jakarta: Nantinya, foto Instagram Anda mungkin akan diambil robot buatan Facebook yang bisa mengikuti Anda. Itu jika Facebook memang membuat robot berdasarkan paten terbaru yang mereka dapatkan.

Kemarin, Facebook baru saja mendapatkan paten untuk robot yang bisa berdiri pada dua kaki atau tiga kaki. Konsep ini serupa dengan robot telepresence, lengkap dengan layar, kamera dan mikrofon. Dalam dokumen paten menunjukkan, robot ini akan mampu untuk membawa beban dan juga sistem pendinginan untuk mengendalikan suhunya.

Seperti yang disebutkan Money CNN, masih belum diketahui apa yang akan Facebook lakukan dengan robot ini. Namun, robot seperti ini bisa digunakan untuk berbagai kepentingan. 

Misalnya, hal ini akan memudahkan pengguna Facebook untuk melakukan konferensi video menggunakan platform buatannya. Pada 2015, Facebook menyediakan video call pada Messenger. Dengan robot telepresence, secara teori, Anda bisa mengobrol dengan teman Anda bahkan ketika Anda berjalan-jalan di rumah. 

Satu hal yang harus diingat, meski perusahaan mendapatkan paten, itu bukan berarti paten itu akan direalisasikan menjadi produk untuk digunakan konsumen.

Paten robot milik Facebook ini didaftarkan oleh pegawai Facebook yang sebelumnya bekerja di perusahaan robot telepresence. Sejauh ini, robot telepresence adalah produk niche. Tidak hanya robot-robot itu mahal, robot tersebut belum bisa memenuhi kebutuhan konsumen. 

Namun, konsep robot buatan Facebook ini memunculkan kekhawatiran terkait privasi dan juga keamanan, khususnya bagi orang-orang yang khawatir tentang data pribadi yang Facebook kumpulkan. Jika ada robot buatan Facebook di rumah, mereka bisa mengumpulkan data lebih banyak.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.