Satelit Negara Luar Angkasa Asgardia Akhirnya Meluncur

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 13 Nov 2017 13:36 WIB
antariksateknologi
Satelit Negara Luar Angkasa Asgardia Akhirnya Meluncur
Asgardia diklaim sebagai negara luar angkasa.

Metrotvnews.com: Setelah tertunda satu hari, roket Orbital ATK Antares akhirnya meluncur, membawa sebuah satelit mini atau cubesat bernama Asgardia-1.

Roket itu meluncur dari fasilitas Wallops Flight milik NASA di Virginia. Satelit mini tersebut merepresentasikan kawasan dari Asgardia, yang diklaim sebagai "Kerajaan Luar Angkasa". 

"Kerajaan luar angkasa Asgardia kini telah mendirikan kawasannya di luar angkasa," tulis Asgardia dalam pernyataan di situsnya seperti yang dikutip dari CNET

Lebih dari 300 ribu orang telah mendaftarkan diri secara online untuk menjadi "warga negara" dari Asgardia dalam waktu satu tahun belakangan. Di Indonesia sendiri, ada ribuan orang yang telah mendaftarkan diri menjadi warga negara Asgardia. 


Satelit mini Asgardia-1. 

Satu kelebihan utama yang didapatkan oleh warga negara Asgardia saat ini adalah hak untuk mengunggah data ke Asgardia-1 untuk disimpan di orbit, jauh dari jangkauan pemerintah dan bebas dari peraturan yang dibuat oleh negara-negara yang ada di Bumi. 

Namun, jika Anda membaca kebijakan Asgardia, Anda akan menemukan bahwa hak untuk mengunggah data tersebut masih dinaungi oleh hukum hak cipta di Bumi, untuk lebih tepatnya, peraturan hak cipta di bawah Austria.

Saat ini, Asgardia tidak diakui sebagai negara oleh negara manapun atau oleh PBB. Selain itu, ia tidak memenuhi definisi sebuah negara, mengingat ia tidak mungkin ditinggali oleh manusia. 


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

11 hours Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /