Netflix Hadirkan Pratinjau Video di Aplikasi Android dan iOS

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 09 Mar 2018 12:00 WIB
netflix
Netflix Hadirkan Pratinjau Video di Aplikasi Android dan iOS
Netflix mengonfirmasi kehadiran fitur preview video pada aplikasi mobile versi Android dan iOS.

Jakarta: Netflix baru saja mengumumkan memperbaiki aplikasi mobile miliknya, baik untuk Android maupun iOS. VP Product Netflix Todd Yellin mengonfirmasi fitur preview video akan diimplementasikan pada aplikasi mobile.

Fitur tersebut memungkinkan pelanggan menyaksikan contoh video berdurasi 30 detik yang ditampilkan dalam format vertikal. Fitur ini juga telah tersedia pada antarmuka Netflix versi desktop sejak beberapa tahun lalu.

Kehadiran fitur tersebut pada aplikasi versi mobile memungkinkan Netflix menyuguhkan pengalaman penggunaan yang mulus di berbagai platform miliknya. Menurut Yellin, fitur preview mobile ini akan tersedia untuk ratusan judul konten yang dimilikinya.

Netflix juga menyebut cuplikan video yang disuguhkan fitur ini merupakan karya tim editing video internalnya. Untuk dapat memanfaatkannya, pengguna Netflix harus mengetuk ikon lingkaran baru yang mendampingi judul acara kesukaan mereka.

Untuk menavigasikan daftar video yang didukung fitur ini, pengguna hanya perlu mengusap layar ke arah kiri atau kanan pada aplikasi. Sementara itu, Netflix menyebut hanya sebesar 20 persen pengguna yang memanfaatkan perangkat mobile untuk menyaksikan konten.

Meskipun demikian, sebanyak lebih dari 50 persen pelanggan Netflix menggunakan smartphone atau tablet mereka untuk mengakses layanan tersebut setiap bulannya. Sebelumnya, Netflix mengumumkan akan menggarap serial asli berbasis Arab pertama mereka, Jinn.

Serial ini akan disutradarai oleh sutradara asal Lebanon, Mir-Jean Bou Chaaya, yang berkolaborasi dengan penulis naskah film nomine Oscar Theeb, Bassel Ghandour. Serial drama bergenre remaja supernatural ini direncanakan berjumlah enam episode, dan proses syuting akan dilakukan di Yordania pada tahun ini, serta melibatkan aktor Timur Tengah.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.