Operator AS Ingin Adopsi Jaringan Broadband Pakai Kabel Listrik

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 22 Sep 2016 10:56 WIB
telekomunikasi
Operator AS Ingin Adopsi Jaringan Broadband Pakai Kabel Listrik
Ilustrasi tiang listrik. (Wikimedia)

Metrotvnews.com: AT&T, operator asal Amerika Serikat, sedang mencari tempat yang sesuai untuk mencoba Project AirGig, sebuah proyek yang memungkinkan layanan broadband tersalur melalui kabel listrik.

AT&T berharap, kecepatan dari layanan internet ini akan lebih tinggi dari layanan internet yang menggunakan serat optik. AT&T berkata bahwa dalam Project AirGig, mereka akan memanfaatkan kabel listrik yang sudah ada untuk membuat infrastruktur internet berkecepatan tinggi, dengan harga berlangganan yang lebih terjangkau. 

Menurut ZDNet, jika AT&T berhasil mengembangkan teknologi ini dan memutuskan untuk menggunakannya, teknologi yang dikembangkan oleh AT&T Labs ini dapat menjadi pengganti fiber, yang salah satu kelemahannya adalah membutuhkan waktu lama untuk membangun jaringannya.

AT&T kini sedang mencoba beragam cara untuk mengirimkan sinyal radio ke sekitar kabel listrik dengan tegangan menengah. Project AirGig tidak akan memerlukan hubungan elektris langsung ke kabel listrik. Sebagai gantinya, AT&T akan menempatkan antena plastik berharga murah dan perangkat-perangkat di sekitar kabel untuk memastikan sinyal mmWave tetap mengalir.

Operator telekomunikasi AS itu berkata, jaringan ini dapat menawarkan layanan 4G LTE dan broadband 5G ke kawasan pedesaan dan area yang sulit dijangkau.

"Project AirGig menawarkan akses internet ke rumah tanpa perlu kabel fiber baru dan ia cukup fleksibel untuk bisa dikonfigurasi dengan sistem antena terdistribusi," kata AT&T. "Tidak perlu lagi membangun menara baru. Tidak perlu lagi menanam kabel di tanah."

Saat ini, AT&T telah meminta 100 paten yang digunakan pada proyek ini. Mereka juga berkata, mereka dapat menanamkan aplikasi di jaringan ini. Sehingga, mereka bisa mendeteksi jika ada masalah seperti integritas kabel sebelum masalah itu menjadi parah.

AT&T akan memulai pengujian di lapangan mulai tahun 2017. Sekarang, mereka sedang mencari tempat yang sesuai untuk melakukan pengujian itu.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

4 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /