Sony Patenkan Desain dan Teknologi Baru PSVR

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 19 Sep 2018 07:37 WIB
sonyplaystation
Sony Patenkan Desain dan Teknologi Baru PSVR
Desain PSVR generasi selanjutnya.

Jakarta: Sony semakun serius menggarap konten VR untuk konsol PlayStation dengan mendaftarkan paten desain dan teknologi terbaru dari headset PSVR.

Berdasarkan gambar dari situs Wolrd Intellectual Property Organization, yang dikutip dari TweakTown, terlihat bahwa headset PSVR terbaru nanti akan memiliki desain tidak lebih besar dari perangkat saat ini, mungkin agak aneh.

Keanehan tersebut ditemukan pada bagian antena yang menjulur keluar dari bagian depan. Mengingat ini masih sebatas desain, kemungkinan bentuknya masih akan berubah.

Dikabarkan bahwa headset PSVR generasi selanjutnya ini akan menyediakan teknologi eye tracking atau sensor pemindai gerakan mata. Jadi konten yang disajikan akan tampil menyesuaikan kondisi atau gerakan mata kita.

Hal ini cukup berguna untuk meminimalisir rasa mual atau pusing yang umum dijumpai pada penggunaan perangkat virtual reality (VR). Tidak sampai disitu, pihak Sony juga ingin menyediakan senseor kesehatan penggunanya lebih banyak lagi untuk menjamin keselamatan penggunanya.



Misalnya, sensor untuk menangkap pergerakan pupil atau retina sehingga PSVR ini bisa memberikan notifikasi saat penggunanya mulai kelelahan yang menandakan harus beristirahat atau menjamin keselamatan penggunanya.

Satu lagi teknologi yang dipatenkan dari perangkat ini adalah kemampuan natural languange processing yang disebut bisa mengenali ucapan penggunaannya saat berbicara kasar atau mengeluarkan suara yang aneh. Nantinya PSVR akan segera berhenti berfungsi saat mendeteksi hal tersebut.

Sebelumnya diberitakan bahwa penjulan PSVR telah mencapai rekor penjualan baru yakni sebanyak tiga juta unit. Bagi Sony hal ini merupakan sebuah prestasi baru.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.