iOS 13 Pasang Multitasking?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 07 May 2018 10:11 WIB
appleios
iOS 13 Pasang Multitasking?
Apple dikabarkan akan menanamkan fitur multitasking pada iOS 13. (AFP PHOTO / JIM YOUNG)

Jakarta: Meskipun iOS 12 belum keluar, Apple telah mulai mengembangkan sistem operasi baru yang akan mereka luncurkan pada 2019. Kemungkinan, sistem operasi tersebut akan dinamai iOS 13. Sekarang, telah beredar rumor tentang sistem operasi baru tersebut. 

Menurut kicauan wartawan Bloomberg, Mark Gurman, iOS 13 akan memiliki beberapa fitur yang akan sangat berguna untuk pengguna iPad yang menggunakan OS tersebut.

Salah satunya adalah fitur split view atau multitasking, yang memungkinkan Anda membuka dua aplikasi secara bersamaan, seperti yang bisa Anda lakukan pada MacOS sekarang. 

Apple juga akan merombak aplikasi Files. Dikabarkan, Apple juga akan menambahkan pembaruan terkait bagaimana cara Apple Pencil bekerja. 

Rumor ini masuk akal mengingat Apple dilaporkan memutuskan untuk tidak meluncurkan fitur-fitur baru pada iOS 12 karena mereka ingin fokus pada kestabilan sistem. Itulah alasannya mengapa Apple meluncurkan fitur-fitur baru pada iOS 13, yang saat ini memiliki nama kode Yukon. 

Fitur lain yang Apple mungkin perkenalkan pada iOS 13 adalah aplikasi antar-platform. Apple dikabarkan sedang memikirkan cara agar aplikasi untuk iOS dan Mac juga bisa digunakan pada perangkat dengan sistem operasi lain. Kabar terbaru menyebutkan, peluncuran fitur tersebut akan diundur. 

Tahun ini, Apple akan meluncurkan iOS 12, yang dikabarkan akan menjadi update yang penting meskipun fitur-fitur baru akan diperkenalkan pada iOS 13 yang diluncurkan pada tahun depan.

Sistem operasi mobile tersebut akan diluncurkan pada Worldwide Developer Conference yang Apple adakan pada 4 Juni mendatang.

Sistem operasi itu dikabarkan akan memperkenalkan beberapa fitur seperti Animoji, dukungan Animoji pada FaceTime, alat Digital Health yang membantu orangtua untuk memonitor bagaimana anak mereka menggunakan perangkat mereka dan lain sebagainya. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.