Istilah Teknologi Wi-Fi Nantinya Lebih Mudah Diingat

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 04 Oct 2018 17:08 WIB
teknologi
Istilah Teknologi Wi-Fi Nantinya Lebih Mudah Diingat
Wi-Fi Alliance mengubah sistem penamaan versi generasi teknologi Wi-Fi sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Jakarta: Wi-Fi Alliance akhirnya menyadari bahwa sistem penamaan versi yang digunakannya untuk menggambarkan generasi berbeda dari teknologi tersebut tidak intuitif, atau mudah untuk dipahami konsumen umum.

GSM Arena melaporkan, kini generasi teknologi Wi-Fi akan dinamai dengan nomor. Sehingga penamaan generasi teknologi Wi-Fi yang sebelumnya diketahui masyarakat sebagai 802.22ac, akan berubah menjadi Wi-Fi 5.

Sedangkan pada generasi Wi-Fi selanjutnya yaitu 802.11ax akan disebut sebagai Wi-Fi 6. Sementara itu, untuk penamaan generasi yang menggunakan angka 1, 2, dan 3, Wi-Fi Alliance mengaku tidak akan membahasnya secara detil. Sebab teknologi generasi tersebut tidak lagi banyak digunakan masyarakat.

Penamaan baru ini memungkinkan pengguna dapat membedakan versi lebih baru atau lebih canggih, tanpa perlu menebak. Sebagai contoh, versi 6 lebih baik dari 5, dan seterusnya. Namun sebagai informasi, Wi-Fi 802.11b berganti nama menjadi Wi-Fi 1.

Sementara itu, Wi-Fi 802.11a menjadi Wi-Fi 2, and Wi-Fi 802.11g menjadi Wi-Fi 3. Sistem penamaan tersebut dinilai lebih masuk akan dibandingkan dengan penamaan sebelumnya.

Selain itu, Wi-Fi Alliance juga mengaku ingin melihat branding numerik baru ini pada antarmuka pengguna software.

Sehingga pengguna tidak perlu terkejut jika ponsel atau laptop menampilkan versi Wi-Fi dari jaringan yang ditawarkan sebelum terhubung, dan versi Wi-Fi yang terhubung.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.