Bangun Sistem Komunikasi Global, Google akan Gunakan 1.000 Satelit

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 07 Mar 2017 06:12 WIB
googletelekomunikasi
Bangun Sistem Komunikasi Global, Google akan Gunakan 1.000 Satelit
Ilustrasi.

Metrotvnews.com: Google sedang mengembangkan sistem komunikasi global dengan menggunakan satelit dalam jumlah besar (lebih dari 1.000 satelit) dan pos di daratan.

Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan sinyal satelit dunia, mengurangi jumlah tabrakan satelit ketika ia mengitari Bumi dan berfungsi sebagai cadangan ketika sebuah satelit mengalami masalah. Tim pencari paten dari PatentYogi telah menemukan formulir paten dari Google yang menunjukkan informasi detail dari sistem komunikasi global ini, seperti yang disebutkan oleh The Next Web.

Menurut pendaftaran paten ini, grup satelit pertama akan diluncurkan pada ketinggian yang lebih tinggi dari grup kedua, sehingga sistem komunikasi dari Google ini akan memerlukan satelit dalam jumlah yang lebih sedikit, mengingat semakin tinggi satelit mengorbit, semakin besar luas jangkauannya.



Sementara grup satelit kedua akan diluncurkan dalam jumlah lebih banyak, menyediakan bandwidth sistem yang lebih besar dan mendukung pertumbuhan pengguna sistem komunikasi global. Kedua grup satelit ini akan dikoordinasi sedemikian rupa sehingga ia akan menjangkau setidaknya 75 persen permukaan Bumi.

Berbagai satelit yang ada di grup pertama dan kedua akan saling bekerja sama untuk membentuk konstelasi satelit. Satelit-satelit yang ada dalam konstelasi ini akan saling terhubung, sebagian dari satelit-satelit ini akan menjangkau kawasan yang sama sehingga ketika satu satelit mengalami masalah, yang lain akan dapat memberikan koneksi.

Konstelasi satelit ini terdiri dari satelit-satelit yang memiliki koneksi antar-satelit sehingga semua satelit akan saling terhubung. Masing-masing satelit akan dilengkapi dengan perangkat komunikasi dan antena ekstra untuk melacak lokasi satelit lain yang ada di kawasan yang sama atau berada di dekatnya sehingga satelit-satelit ini dapat saling berkomunikasi dengan satu sama lain.


(MMI)

Video /