Update PCMark Android Bakal Semakin Akurat

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 14 Oct 2016 11:37 WIB
aplikasi
Update PCMark Android Bakal Semakin Akurat
Versi baru PCMark Android

Metrotvnews.com, Jakarta: Futuremark baru saja mengumumkan versi terbaru dari aplikasi benchmark PCMark untuk perangkat Android.

Futuremark menghadirkan serangkaian pengujian baru dan perombakan di berbagai sisi pengujian. Menurut Futuremark, versi terbaru PCMark untuk perangkat Android menggunakan kegiatan sehari-hari sebagai dasar pengujian sebuah gadget, sehingga pengukuran performanya bisa lebih akurat.



PCMark Android versi terbaru kali ini hadir dengan pengujian baru di antaranya adalah Data Manipulation Test. Melalui pengujian tersebut, perangkat mobile akan diukur performanya melalui proses manipulasi data menggunakan berbagai aplikasi finansial dan perbankan.

Hal ini dilakukan untuk mengukur performa ketika perangkat dihadapkan dengan pemrosesan data dalam jumlah yang banyak.

Pengujian baru lainnya yang dihadirkan di PCMark Android terbaru adalah Video Editing Test. Sesuai dengan namanya, pengujian ini akan mengukur seberapa kuat perangkat Anda jika digunakan untuk editing video.

Beberapa proses editing yang digunakan di antaranya adalah trim, filtering, hingga menyesuaikan tone dan contrast dari sebuah klip video.



Pengujian ini juga menggunakan berbagai fitur yang ada di platform Android, mulai dari penggunaan OpenGL ES 2.0, Android MediaCodec API, dan ExoPlayer yang merupakan pemutar media yang dikembangkan Google dan merupakan versi pengembangan terbaru dari Android MediaPlayer API.

Selain dua pengujain baru tersebut, Futuremark juga memperbarui berbagai sistem pengujian sebelumnya. Beberapa sistem pengujian yang diperbarui adalah pengujian Web Browsing, Photo Editing, Writing, hingga pengujian baterai.

PCMark Android versi terbaru ini telah tersedia dan pengguna bisa mengunduh via Google Play Store.


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

23 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.