Google dan Facebook Bangun Kabel Internet, Kecepatan 120Tbps

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 13 Oct 2016 18:40 WIB
facebookgoogle
Google dan Facebook Bangun Kabel Internet, Kecepatan 120Tbps
Google dan Facebook akan buat jaringan untuk hubungkan LA dan Hong Kong. (Google)

Metrotvnews.com: Google dan Facebook mengumumkan kerja sama dengan Pacific Light Data Communications Company dan TE SubCom untuk membangun jaringan bawah laut pertama yang menghubungkan Los Angeles dengan Hong Kong. 

Jaringan yang dinamakan Pacific Light Cable Network ini akan selesai di tahun 2018. Jaringan kabel tersebut memiliki panjang 12.800 km dan dapat mengirimkan 120 terabits per detik. Dengan begitu, lapor Engadget, Facebook dan Google akan lebih mudah untuk memperluas jangkauan mereka di Asia.

Seperti yang dijelaskan oleh Director of Networking Infrastructure Brian Quigley dalam sebuah blog, kapasitas data PLCN akan mengalahkan kecepatan tertinggi yang saat ini dipegang oleh jaringan fiber trans-Pasifik yang pendanaannya didukung Google. 

PLCN memiliki kapasitas yang cukup besar sehingga 80 juta orang di Hong Kong dapat melakukan panggilan video dengan kualitas HD ke Los Angeles pada waktu yang sama.

Selain itu, ia juga akan membuat Google Cloud Platform -- yang mendukung layanan seperti Spotify dan sebagian dari iCloud -- menjadi penyedia layanan public cloud dengan jaringan backbone terbesar.

Untuk pengguna di kawasan Asia Pasifik, keberadaan PLCN berarti aplikasi G Suite dari Google akan lebih responsif. Dibangunnya PLCN juga berarti Google dan Facebook akan lebih mudah menjangkau negara-negara di Asia dan membuka kesempatan untuk memasuki negara-negara berkembang.

Di bulan Mei lalu, Facebook bekerja sama dengan Microsoft untuk membangun kabel bawah laut yang menghubungkan Virgina Utara dengan Bilbao, Spanyol. 

Sementara di bulan Juni, kabel bawah laut yang menghubungkan Amerika Serikat dan Jepang resmi beroperasi. Google merupakan salah satu penyumbang dana untuk proyek tersebut.


(MMI)