Instagram Jajal Berbagi Lokasi ke Facebook

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 06 Oct 2018 14:10 WIB
media sosialfacebookinstagram
Instagram Jajal Berbagi Lokasi ke Facebook
Instagram uji fitur baru untuk berikan data lokasi pengguna ke Facebook.

Jakarta: Instagram kini tengah menguji fitur yang memungkinkan mereka untuk memberikan informasi lokasi Anda pada Facebook, perusahaan induknya, bahkan ketika Anda sedang tidak membuka aplikasi Instagram, menurut laporan peneliti Jane Manchun Wong. 

Agar Instagram bisa melacak posisi Anda, Anda harus mengaktifkan fitur tersebut, pada bagian Settings. Fitur ini memungkinkan Facebook untuk "membuat dan menggunakan jejak lokasi" pengguna.

Perusahaan media sosial itu mengatakan, ini akan "membantu Anda tahu apa yang ada di sekitar Anda, mendapatkan iklan yang lebih relevan dan membantu memperbaiki Facebook."

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, ketika fitur ini diaktifkan, ia akan terus melaporkan lokasi Anda, bahkan setelah Anda tidak lagi menggunakan aplikasi Instagram. 

Fitur ini ditemukan tidak lama setelah dua pendiri Instagram memutuskan untuk keluar. Diduga, alasan keduanya mengundurkan diri adalah karena adanya campur tangan CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam operasi Instagram.

Mengingat dua orang itu kini tidak lagi bertanggung jawab atas Instagram, ada kemungkinan fitur seperti pelacak lokasi pengguna ini akan menjadi semakin banyak di Instagram. 

Instagram bukan satu-satunya perusahaan yang memberikan data penggunanya ke Facebook. Pada 2016, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan berbagi data pengguna WhatsApp dan Facebook dengan tujuan untuk memberikan saran teman yang lebih baik.

Hal ini kemudian dihentikan berkat Peraturan Perlindungan Data Umum di Uni Eropa. Meskipun begitu, salah satu pendiri dan CEO WhatsApp memutuskan untuk mundur karena kekhawatirannya akan privasi pengguna. 

Kepada TechCrunch, juru bicara Facebook mengonfirmasi bahwa tidak ada jaminan fitur ini akan dirilis untuk semua pengguna Instagram.

"Kami sering mencoba ide yang mungkin berubah dalam pengembangan atau pada akhirnya tidak dirilis. Instagram saat ini tidak menyimpan Location History; kami akan terus memberitahukan masyarakat tentang perubahan terkait peraturan lokasi di masa depan."


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.