Manfaatkan Jaringan Ritel, Alfacart Makin Serius Ramaikan Industri O2O

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 05 Sep 2016 18:17 WIB
e-commerce
Manfaatkan Jaringan Ritel, Alfacart Makin Serius Ramaikan Industri O2O
Alfacart siap seriusi industri O2O e-commerce

Metrotvnews.com, Jakarta: Alfacart.com mengumumkan keseriusannya untuk memperluas cakupannya serta mengukuhkan diri sebagai layanan Online to Offline (O2O).

Keseriusannya ini dihadirkan dalam rencana pemanfaatan toko ritelnya sebagai medium pendukung operasional Alfacart.

"Alfacart ingin memperbesar cakupan pasar alfa group, dengan mencakup konsumen lebih muda dan pembelian terencana. Selain itu, Alfacart juga mengusung strategi menyuguhkan pengalaman offline kepada konsumen online," ujar Haryo Suryo Putro, CMO sekaligus CMO Alfacart.

Untuk menghadirkan pengalaman tersebut, Haryo menyebut, Alfacart.com tengah mempersiapkan beberapa fungsi yang akan memanfaatkan toko ritel fisik Alfa Group di seluruh Indonesia. Fungsi tersebut yaitu Drop Off Point, Purchase Point, dan Return Point.

Pada fungsi Drop Off Point, mitra penjual atau disebut dengan sebutan seller di Alfacart.com, dapat menitipkan produk pesanan konsumen di toko fisik Alfamart. Hal ini untuk membantu penjual yang sering kali terkendala dalam hal pengiriman.

Sementara itu, fungsi Purchase Point ditujukan untuk memungkinkan konsumen memilih dan membeli produk yang ditawarkan di Alfacart. Produk tersebut, jelas Haryo, akan ditampilkan melalui perangkat khusus di toko tersebut.

Fungsi Return Point ditujukan untuk memungkinkan konsumen mengembalikan produk yang dibelinya dari seller, jika merasa kurang puas. Pengembalian ini juga akan didukung oleh pengembalian uang yang dibayarkan konsumen. Namun, pengembalian tersebut juga bergantung pada metode pembayaran yang digunakan konsumen.

Ketiga fungsi ini direncanakan hadir untuk melengkapi fungsi yang telah tersedia dan berjalan sebelumnya, yaitu Payment Point, Pick Up Point, dan Delivery Point. Haryo juga menjelaskan, untuk fungsi Payment Point, konsumen telah dapat memanfaatkan 12 ribu toko fisik Alfamart, namun hanya 7000 yang baru dapat melayani fungsi Pick Up Point.

Selain itu, fungsi-fungsi ini juga ditujukan Alfacart.com untuk menghilangkan hambatan yang masih banyak dihadapi oleh masyarakat Indonesia, terkait dengan metode pembayaran.

Haryo juga menjelaskan, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang telah memiliki akses ke internet namun terkendala dengan kepemilikan akun rekening bank ataupun kartu kredit.


(MMI)

Video /