Google Tanam Kabel Bawah Laut Jepang-Taiwan

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 07 Sep 2016 11:44 WIB
google
Google Tanam Kabel Bawah Laut Jepang-Taiwan
Berkat kabel bawah laut tersebut, kecepatan akses untuk berbagai layanan Google di wilayah Asia menjadi meningkat hingga 26 Tbps

Metrotvnews.com: Google baru saja mengumumkan kabel bawah laut yang menghubungkan Jepang dengan Taiwan telah operasional.

Berkat kabel bawah laut tersebut, kecepatan akses untuk berbagai layanan Google di wilayah Asia meningkat hingga 26 Tbps. Pengoperasian kabel bawah laut Google kali ini merupakan salah satu program Google untuk menghadirkan kecepatan layanan internet yang lebih cepat di wilayah Asia.

Dalam blog resminya, Google mengatakan kabel bawah laut ini akan menghubungkan data center Jepang dan Taiwan, yang merupakan data center terbesar di Asia. Data center Jepang sendiri telah terhubung dengan data center di Amerika Serikat, sehingga kini data center Taiwan telah terhubung secara langsung dengan keduanya.

Data center Taiwan merupakan salah satu pusat arus lalu-lintas internet di kawasan Asia. Dengan saling terhubungnya data center tersebut, Google berharap internet di wilayah Asia akan semakin cepat.

Google juga menyebutkan, mereka siap membangun kabel bawah laut untuk menghubungkan data center di wilayah lain, salah satunya adalah Singapura.

Kabel bawah laut yang digunakan Google kali ini merupakan kabel fiber optic khusus yang bernama FASTER. Satu kabel FASTER dikatakan mampu menghadirkan kecepatan transfer hingga 10 Tbps.

Sebagai tambahan, ada enam set kabel FASTER yang dibentangkan antara Amerika Serikat dan Jepang, sehingga mampu menghadirkan bandwidth hingga 60 Tbps.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

3 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /