WhatsApp Android Sediakan Ruang untuk Menggambar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 04 Oct 2016 10:51 WIB
whatsapp
WhatsApp Android Sediakan Ruang untuk Menggambar
WhatsApp memperkenalkan fitur baru untuk Android.

Metrotvnews.com: WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk Android, yaitu doodling atau kemampuan untuk menggambar. Fitur ini pertama kali diperkenalkan di versi beta dari WhatsApp. Dalam waktu dekat WhatsApp juga akan meluncurkan fitur ini untuk iOS.

FItur ini memungkinkan Anda untuk menggambar di foto atau video, sama seperti Snapchat. WhatsApp pertama kali memperkenalkan fitur ini di bulan September. 

Menurut The Verge, update hari ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan emoji dan teks berwarna di atas foto dan opsi zoom saat Anda merekam video.

Beberapa bulan belakangan, tampaknya Facebook dan perusahaan-perusahaan di bawahnya terus meniru fitur-fitur yang ada di Snapchat. Belum lama ini, Instagram memperkenalkan fitur Stories, yang serupa dengan fitur dalam Snapchat.

Mengingat popularitas Snapchat mulai meningkat, tidak heran jika CEO Facebook Mark Zuckerberg khawatir Snapchat akan menjadi pesaing dari media sosialnya. Di tahun 2013, Zuckerber bahkan pernah menawarkan USD3 miliar pada CEO Snapchat Evan Spiegel untuk mengakuisisi startup miliknya.

Saat ini, baik Messenger maupun WhatsApp memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, jauh lebih banyak dari pengguna Snapchat. Namun, perusahaan Spiegel tetap merupakan ancaman untuk Facebook karena pertumbuhannya yang tidak kunjung berhenti.

Selain itu, Snapchat memiliki filosofi yang berbeda dari Facebook, ia mendorong pengguna untuk membagikan gambar dan video yang diambil secara mendadak, dan konten ini tidak akan Anda temukan di Facebook.

Hal ini memaksa Facebook untuk memperkenalkan fitur-fitur baru untuk menarik perhatian para pengguna muda. Beberapa fitur tersebut adalah fitur doodling dan tool untuk mengedit emoji.

Inilah perbandingan antara Instagram, salah satu aplikasi di bawah Facebook dan Snapchat.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.