Melihat Mi Home, Lapak Offline Xiaomi di Luar Tiongkok

Mohammad Mamduh, Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 09 Oct 2016 12:19 WIB
xiaomi
Melihat Mi Home, Lapak Offline Xiaomi di Luar Tiongkok
Pembukaan Mi Home di Singapura.

Metrotvnews.com, Jakarta: Xiaomi akhirnya membuka toko offline di luar pasar Tiongkok. Singapura menjadi negara Asia Tenggara yang disambangi. Sesuai namanya, Mi Home menghadirkan dan menjual segala macam perangkat buatan Xiaomi. Tidak hanya smartphone, Mi Home juga memamerkan alat rumah tangga seperti TV, drone, dan rice cooker.

Mi Home yang berlokasi di Suntec City ini mudah dijangkau. Konsumen hanya perlu memanfaatkan MRT dan turun di stasiun City Hall. Dari sini, Anda harus berjalan sekitar 5 menit melalui sambungan dua pusat perbelanjaan Citylink dan Suntec City. Lapak Xiaomi yang terletak di lantai dua ini tidak memiliki ukuran yang sangat besar, masih kalah jika dibandingkan dengan toko busana terkenal.



Smartphone tentunya merupakan produk utama yang dipamerkan, dan konsumen bisa langsung membelinya jika tertarik. Saat ini, Mi Home menjual empat macam ponsel: Mi 5, Mi Max, Redmi 3S dan Redmi Note 3. Harus diakui, harganya memang lebih mahal dari pasar Indonesia.

Perlu diketahui bahwa Mi 5 dan Mi Max tidak tersedia secara resmi di Indonesia, tetapi melalui layanan e-commerce misalnya, Anda bisa mendapatkan Mi 5 dengan harga sekitar Rp4,5 juta. Sementara di Mi Home, ponsel tersebut harus ditebus dengan dana sekitar Rp5,8 juta. 

Satu hal lain yang perlu Anda ingat, di Mi Home, ada beberapa perangkat rumah tangga yang belum dijual dan hanya dipamerkan, seperti Mi TV dan Mi Drone. Beragam aksesori dan perangkat lainnya sudah bisa dimiliki konsumen, seperti Mi Band, Mi Scale, earphone Xiaomi, dan speaker Bluetooth. 



Ketimbang smartphone, konsumen yang mengunjungi Mi Home lebih antusias dalam membeli jajaran aksesori ini. Tidak seperti smartphone, beberapa produk ini ada yang dibanderol dengan harga yang lebih murah dari e-commerce Indonesia, meski ada juga yang lebih mahal. 

Sementara di Indonesia, Xiaomi membuka toko yang disebut Xiaomi Concept Store. Sayangnya, Mi Store Indonesia hanya bisa mengurus garansi produk yang dibeli di Indonesia. Dengan kata lain, Anda yang membeli produk Xiaomi di Mi Home Singapura harus mengurus garansi di tempat yang sama jika produk mengalami kerusakan.



Mi Concept Store yang ada di Pondok Indah Mall memiliki beberapa fungsi. Salah satunya sebagai toko ritel. Di sini, Anda bisa membeli beberapa smartphone Xiaomi seperti Mi 4i, Redmi Note 3G dan Redmi 2. Selain smartphone, di sini, Anda juga bisa membeli berbagai aksesori seperti power bank, smartband dan headphone. Para pemiliki smartphone Xiaomi juga dapat meninggalkan smartphone mereka untuk perbaikan.

Redmi 3 Prime adalah smartphone terbaru dari Xiaomi yang masuk Indonesia. Sebelum itu, Xiaomi meluncurkan Redmi Note 3. Sama seperti smartphone buatan Xiaomi lainnya, keduanya mengunggulkan spesifikasi tinggi dan harga terjangkau.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.