Semua Pengguna Instagram Sekarang Bisa Saring Komentar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 13 Sep 2016 10:53 WIB
instagram
Semua Pengguna Instagram Sekarang Bisa Saring Komentar
Instagram luncurkan tool baru untuk lawan bullying online. (AFP PHOTO / Josh Edelson)

Metrotvnews.com: Instagram akhirnya meluncurkan fitur filter komentar untuk semua pengguna. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada awal bulan Agustus lalu. Ketika itu, hanya selebritas dan pengguna dengan jumlah pengikut besar yang dapat menggunakan fitur itu.

Pada dasarnya, fitur filter komentar memungkinkan Anda menyaring kata-kata yang dianggap tidak pantas di kolom komentar. Untuk mengakses tool ini, pilih ikon gear pada halaman profil Anda. Di situ, Anda akan menemukan tool Comments baru. 



Dalam sebuah blog post, CEO dan Co-founder Instagram, Kevin Systrom menjelaskan, Instagram telah menyediakan kata-kata yang secara default masuk ke dalam daftar kata yang tidak akan muncul di kolom komentar. Namun, Anda juga bisa menambahkan kata-kata lain yang menurut Anda tidak pantas.

"Kelebihan Instagram adalah karena ia merupakan komunitas dengan anggota yang sangat beragam. Berbagai jenis orang -- dengan latar belakang kehidupan yang berbeda, ras, jenis kelaman, orientasi seksual, dan kemampuan yang berbeda -- menggunakan Instagram, tapi terkadang, komentar yang ada dalam post seseorang tidak baik," tulis Systrom.

"Untuk memberdayakan setiap orang, kita perlu mengembangkan budaya yang membuat semua orang merasa aman untuk menjadi diri mereka sendiri tanpa harus takut akan kritik dan gangguan," katanya melanjutkan.

"Hal ini bukan hanya harapan pribadi saya, tapi tanggung jawab Instagram sebagai sebuah perusahaan."

Systrom juga menjelaskan beberapa fitur lain yang ada pada Instagram yang dibuat dengan tujuan untuk melindungi penggunanya dari bullying, seperti fitur swipe untuk menghapus komentar, kemampuan untuk melaporkan komentar yang tidak pantas dan memblokir akun lain.

Instagram meluncurkan tool ini di saat yang tepat, mengingat saat ini, media sosial berlomba-lomba untuk mengatasi bullying dan caci maki yang ada di platform mereka.

Belum lama ini, Instagram harus rela kehilangan salah satu selebritas terpopulernya, Justin Bieber, yang memutuskan menutup akun karena mendapatkan komentar penuh benci mengenai pacar barunya, Sofia Richie.

Di platform lain, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk tidak menggunakan media sosial karena banyaknya orang yang mengirimkan komentar penuh caci maki, seperti yang disebutkan oleh TechCrunch. Salah satunya adalah pemain Ghostbusters, Leslie Jones, yang belum lama ini diserang oleh orang-orang seksis di Twitter.

Selama ini, Instagram memang tidak pernah mengalami kasus online bullying yang cukup parah, jika dibandingkan dengan Twitter. Namun, hal ini menunjukkan bahwa Instagram berusaha untuk menjadi pro-aktif dalam meluncurkan tool yang mencegah terjadinya bullying.


(MMI)

Video /