Luncurkan SDBT, Kominfo Ingin Desa Melek Teknologi

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 15 Apr 2016 21:51 WIB
kominfo
Luncurkan SDBT, Kominfo Ingin Desa Melek Teknologi
Pengenalan program pencarian Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT) oleh Kominfo, Jumat (15/4/2016). MTVN/UTHI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia mengumumkan program pencarian Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT) hari ini, Jumat (15/4/16), di Kantor Kemenkominfo.

"Untuk membangun desa broadband terpadu, masyarakat desa juga harus didampingi oleh mentor dan diedukasi, tidak hanya diberikan perangkat dan teknologi pendukung. Solusi yang terpilih nantinya juga harus dibawa ke aspek sosial, jadi problem definition-nya harus sangat diketahui," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Pada program yang bertujuan untuk mengumpulkan ide dari masyarakat, terutama kaum muda, ini Kemenkominfo menargetkan 500 desa tertinggal untuk tahun ini, seperti desa nelayan, desa pedalaman, dan desa pertanian.

Direktur Telekomunikasi Khusus Kemenkominfo, Ismail, juga menjelaskan, solusi yang dihasilkan oleh program ini ditargetkan untuk membantu meningkatkan produktivitas hasil mata pencaharian desa dan proses distribusinya, serta keamanan, kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Proses pengumpulan ide akan dilangsungkan sejak 15 April hingga 21 Mei mendatang. Kemenkominfo akan menyeleksi 50 tim dengan ide terbaik yang berhak mengikuti tahap Improvisasi Ide pada 28 Mei. Kemudian dipilih sebanyak 25 finalis untuk mengikuti fase Bootcamp sebelum diumumkan enam aplikasi solusi terbaik pada 22 Juli 2016.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.