Kaspersky Luncurkan Antivirus Gratis

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 27 Jul 2017 15:01 WIB
securitykaspersky
Kaspersky Luncurkan Antivirus Gratis
Kaspersky luncurkan antivirus gratis. (Source: AP/REX/Shutterstock)

Metrotvnews.com: Kaspersky akhirnya meluncurkan software antivirus gratis setelah melakukan pengujian di beberapa kawasan selama satu setengah tahun. Dalam masa percobaan, antivirus ini hanya tersedia di Rusia, Ukraina, Belarus, Tiongkok dan negara-negara Nordik. Namun, sekarang, antivirus itu telah tersedia secara global. 

Memang, versi gratis dari antivirus buatan Kaspersky ini tidak memiliki fitur selengkap versi berbayar, tapi setidaknya ia telah menawarkan fitur-fitur penting untuk melindungi PC Anda. Beberapa fitur yang tidak ada pada antivirus versi gratis antara lain VPN, Parental Controls dan Online Payment Protection, lapor Engadget

Perusahaan asal Rusia itu mengatakan, software buatan mereka tidak dipenuhi dengan iklan seperti antivirus gratis yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Sebagai gantinya, Kaspersky akan mendapatkan untung dengan menggunakan data yang Anda kontribusikan untuk memperbaiki teknologi pembelajaran mesin yang digunakan di berbagai produk mereka. 



Dalam waktu beberapa hari ke depan, antivirus gratis ini akan tersedia di Amerika Serikat, Kanada dan kebanyakan negara Asia Pasifik. Setelah itu, Kaspersky akan meluncurkannya di negara-negara lain, yaitu pada bulan September hingga November. 

Belakangan, Kaspersky tengah mengalami masalah di AS. Alasannya karena mereka dituduh menjadi mata-mata untuk pemerintah Rusia. Bloomberg menuduh bahwa Kaspersky bekerja sama dengan badan intelijen Rusia. Pendiri perusahaan keamanan ini, Eugene Kaspersky kemudian menawarkan untuk menunjukkan source code dari produknya untuk membuktikan bahwa perusahaannya memang tidak berkolaborasi dengan pemerintah Rusia. 

Namun, pemerintah AS tetap mengeluarkan Kaspersky dari daftar vendor layanan IT yang disetujui oleh pemerintah. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.