Indonesia Pamer Kemajuan Industri Digital di Kancah Internasional

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 25 Sep 2017 12:18 WIB
kominfoteknologi
Indonesia Pamer Kemajuan Industri Digital di Kancah Internasional
Menkominfo Rudiantara saat menjelaskan proyek Palapa Ring milik Indonesia ke hadapan peserta ITU Telecom World 2017 dari negara lain

Metrotvnews.com, Busan: Indonesia tengah mendapat perhatian atas industri digital yang sedang melaju pesat, dengan mengikuti acara kancah teknologi internasional ITU Telecom World 2017 kemarin (24/9) di Busan Korea.

ITU Telecom World sendiri adalah kegiatan tahunan yang digelar International Telecommunication Union (ITU) sebagai gerakan global yang memfasilitasi pengembangan inovasi di bidang teknologi dan komunikasi. Di dalamnya ada pihak pemerintah bersama-sama dengan pihak industri dan kalangan wirausaha yang memanfaatkan teknologi seperti startup, dan kali ini dihadiri oleh perwakilan dari 34 negara.

Booth milik Indonesia diisi dengan tema 'Menggerakkan Inisiatif Digitalisasi Dunia untuk Mengembangkan Praktisi Model Bisnis Ekonomi Digital yang Inovatif Secara Efektif Memberdayakan Potensi Laten Ekonomi Masyarakat, dan untuk Berkontribusi Secara efektif dalam Mengurangi Kesenjangan Ekonomi'. Beberapa pihak yang ikut mengisi booth paviliun Indonesia di antaranya Telkom, Tokopedia, 1000 Startup berserta startup baru lainnya seperti Nurbaya, Tukang Sayur, Modalku, dan Cashlez.

Di kesempatan tersebut Menkominfo Rudiantara juga ditunjuk sebagai pembicara khusus pada sesi pembuka acara hari ini. Rudiantara menyampaikan pentingnya digitalisasi dan model bisnis digital untuk menjadi solusi perbaikan dunia.

"Kita sudah melihat dampak dari digtalisasi saat ini. Outputnya terhadap perekonomian dunia bertambah USD193 miliar, termasuk membuka lapangan kerja baru. Digitalisasi diarahkan tidak hanya kepada perusahaan atau industri besar saja, tetapi juga ke pelaku usaha kecil dan menengah atau UMKM. Kita harus sediakan akses dan koneksi untuk UMKM mendigitalisasi bisnis mereka," beber Rudiantara.

Dia kemudian mencontohkan Tokopedia yang mampu menampung lebih dari 2 juta merchant, dengan 80 persen di antaranya adalah UMKM yang masih terbilang baru saja merintis bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digital. Contoh lain yang disebutkan Rudiantara yaitu Go-Jek dengan layanan ridehailing mampu menciptakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di Indonesia.

"Saya mengajak ITU member states untuk menciptakan gerakan global menangani kesenjangan kesejahteraan yang diprediksi semakin melebar dengan mulai mengadopsi teknologi digital dan mencipatakan ekonomi digital,"  jelas Rudiantara.

"Memberikan ruang bagi aspek digital untuk masuk ke perekonomian. Langkah ini juga harus didukung dengan pembangan infrastruktur telekomunikasi yang tidak hanya berfokus pada lokasi yang sudah well served, tetapi juga di under served region." 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /