Acer Punya Perangkat Khusus IoT, Apa Saja?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 18 Aug 2017 08:14 WIB
acer
Acer Punya Perangkat Khusus IoT, Apa Saja?
Acer Air Monitor

Metrotvnews.com, Jakarta: Teknologi Internet of Things (IoT) mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ini mendorong Acer untuk turut merambah ranah ini dengan memperkenalkan rangkaian perangkat IoT, yaitu Acer Air Monitor dan Acer Cloud Professor.

"Dengan CloudProfessor, kami bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap IoT dan cloud kepada para pelajar dan orang yang belum memilki background IT," tutur Riko Gunawan, Head of Business Development & Commercial Products Acer Indonesia.

CloudProfessor merupakan starter kit IoT mengombinasikan hardware, software dan cloud dalam satu paket. Teknologi ini terdiri dari perangkat bernama CPF, terintegrasi dengan aplikasi untuk mobile yakni CloudProfessor dan sistem komputasi awan karya Acer.

Perangkat CloudProfessor dapat terhubung dengan smartphone dan tablet bersistem operasi Android, Chrome OS dan iOS, memungkinkan siswa dapat belajar cara menggunakan bahasa pemrograman seperti JavaScript, Blockly dan LiveCode untuk menyelesaikan script sederhana, melalui tutorial.

Tutorial tersebut juga diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada siswa untuk membuat project mereka sendiri. Sementara itu, Acer CloudProfessor hadir dalam bentuk black box ramping dengan dimensi 108mm x 44mm x 13mm dan berat kurang dari 100 gram, memudahkannya dibawa saat bepergian.

Selain itu, Acer juga memperkenalkan Acer Air Monitor, diklaim mampu memeriksa kualitas udara secara real time dan memperlihatkan laporan tersebut melalui aplikasi mobile. Acer Air Monitor dilengkapi dengan enam indikator yang akan diperhatikan: TVOC (Total Volatile Organic Compound), karbon dioksida, PM2.5, PM10, suhu dan kelembaban.

Pengguna akansecara otomatis mendapatkan notifikasi melalui smartphone saat level pada salah satu indikator melebihi batas aman. Acer Air Monitor juga mendukung platform IFTTT, memungkinkan air purifier yang kompatibel bisa menyala secara otomatis ketika kualitas udara dinilai kurang ideal.


(MMI)

Video /