IBM Watson Summit 2017 Usung Tema Era Kognitif

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 02 Aug 2017 09:18 WIB
ibm
IBM Watson Summit 2017 Usung Tema Era Kognitif
IBM pertama kali menggelar ajang Watson Summit 2017 di Indonesia.

Metrotvnews.com, Jakarta: IBM Indonesia menggelar ajang IBM Watson Indonesia Summit 2017 untuk pertama kalinya di Indonesia. Ajang tersebut mengusung tema era kognitif sebagai masa depan industri di Indonesia.

Ajang tersebut menjadi wadah sejumlah perusahaan dalam memperlihatkan cara mereka mengimplementasikan solusi kognitif dan platform cloud. Solusi tersebut termasuk Watson Analytic, Watson IoT, Watson Commerce, dan sebagainya.

Solusi kognitif dan platform cloud disebut telah menjadi fokus bisnis IBM, yang diklaim mampu mendukungnya dalam melakukan inovasi. IBM juga menyebut, sebanyak 80 persen data di dunia merupakan ‘dark data’ dalam bentuk tulisan, video maupun gambar, yang terlewatkan dan tidak bisa dianalisa.

Hal tersebut mendorong IBM dalam menghadirkan Watson, yang pertama kali diluncurkan pada enam tahun lalu. Hingga saat ini, IBM menyebut Watson telah digunakan oleh berbagai industri, dari pendidikan, kesehatan, gaya hidup, hingga keuangan.

“Kami berharap dengan adanya IBM Watson Summit 2017, pelaku industri dapat memahami lebih dalam dan melihat lebih jelas bagaimana Watson cognitive computing digunakan secara nyata,” ujar Presiden Direktur Manager IBM Indonesia, Gunawan Susanto.

Indonesia juga dinilai menjadi pasar dengan potensi besar untuk dapat melakukan transformasi secara digital, berkat jumlah pengguna internet yang mencapai 132 juta pengguna, menurut survei yang dilakukan oleh APJII tahun 2016.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.