Ingin Bawa Startup Silicon Valley ke Asia, ASUS Siapkan Rp662 Miliar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 14 Sep 2017 11:03 WIB
asus
Ingin Bawa Startup Silicon Valley ke Asia, ASUS Siapkan Rp662 Miliar
ASUS tertarik untuk berinvestasi atau bekerja sama dengan startup Silicon Valley. (Getty Images)

Metrotvnews.com: ASUS, perusahaan hardware yang dikenal berkat ZenBook dan ZenFone buatannya, kini ingin menjadi perusahaan modal ventura dan telah menyediakan dana modal sebesar USD50 juta (Rp662 miliar).

Dengan bantuan Fenox Venture Capital sebagai rekan, ASUS akan fokus pada investasi strategis dengan startup yang ingin masuk ke pasar Asia. Anis Uzzaman, General Partner dan CEO dari Fenox Venture Capital berkata, ASUS tertarik pada startup yang bekerja di bidang kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), big data serta augmented dan virtual reality, lapor TechCrunch

"Mereka cukup detail menjelaskan teknologi yang menarik untuk mereka," ujar Uzzaman.

Dia menambahkan, "Mereka tertarik dengan startup yang bisa berkembang dan bekerja sama dengan mereka. Sebelum ini, mereka juga pernah melakukan investasi, tapi mereka menyadari bahwa mereka ingin mengambil langkah yang lebih agresif."

ASUS akan fokus untuk menggunakan dananya untuk membawa startup Silicon Valley masuk ke Asia. Mereka juga tertarik untuk menanamkan investasi di negara-negara lain, khususnya di Jepang, Taiwan dan Tiongkok. Di ketiga negara tersebut, Fenox juga telah memiliki investasi mereka sendiri. Fenox memiliki cabang di 8 negara dan kini bertanggung jawab atas dana dari 14 perusahaan, termasuk Sega, Bandai Namco dan Infocom. 

Dalam sebuah pernyataan resmi, Chairman ASUS, Jonney Shih berkata, "Menemukan rekan global adalah kunci utama dalam usaha kami untuk mencari teknologi terbaru yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan kami."

Uzzaman berkata, ASUS berencana untuk menanamkan investasi di perusahaan yang telah mendapatkan pendanaan Seri A juga telah menjual produknya di AS atau Eropa dan membutuhkan rekan untuk masuk ke pasar Asia. Mereka juga akan memerhatikan perusahaan yang masih ada dalam tahap pendanaan awal, termasuk startup lulusan program accelerator seperti Techstars dan Stanford StartX. 

Selain membantu terkait dana, dukungan manufaktur dan menjadi mentor, ASUS juga bisa berfungsi sebagai rekan distribusi, membantu startup untuk melokalisasi produk mereka dan pada saat yang sama, melindungi properti intelektual mereka. 


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /