IFA 2017

Sony Rilis Xperia XZ1 dan XZ1 Compact

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 01 Sep 2017 12:47 WIB
sonyifa 2017
Sony Rilis Xperia XZ1 dan XZ1 Compact
Sony Xperia XZ1 Compact dan XZ1.

Metrotvnews.com: Sony meluncurkan Xperia XZ1 dan XZ1 Compact pada IFA 2017. Kedua smartphone ini akan menjadi pengganti dari XZ dan X Compact yang dirilis tahun lalu.

Perubahan utama yang Sony berikan pada dua ponsel baru itu adalah penggunaan prosesor Snapdragon 835 dari Qualcomm dan desain. Xperia XZ1 kini memiliki rangka yang terbuat dari metal sepenuhnya. Selain itu, kedua ponsel ini akan menjadi salah satu smartphone pertama yang sudah menggunakan Android 8.0 Oreo. 

Menurut laporan The Verge, dua smartphone Sony ini sudah akan dilengkapi dengan sistem kamera Motion Eye buatan Sony yang pertama kali ada di XZ Premium. Sistem tersebut menggunakan sensor 19MP dengan Predictive Capture yang akan mengambil gambar beberapa detik sebelum pengguna menekan tombol shutter. Tujuannya, agar tidak ada momen penting yang terlewatkan. 

Selain itu, kamera ponsel ini juga akan bisa merekam video 720p super slow motion pada 960fps juga video 4K pada kecepatan standar. Sony juga menyediakan itur stabilisasi elektronik SteadyShot untuk pengambilan video. Sayangnya, tidak ada fitur stabilisasi untuk mengambil gambar. XZ1 dilengkapi dengan kamera depan 13MP sementara XZ1 Compact memiliki kamera depan 8MP dengan lensa super wide angle

Salah satu fitur baru dari XZ1 adalah mode 3D scanning. Kamera ponsel dapat memindai sebuah obyek dan menyimpannya sebagai gambar 3D, yang kemudian bisa dikirimkan ke 3D printer atau dibagikan. Sony berencana untuk mengintegrasikan fitur ini dengan game sehingga pengguna bisa memindai kepala mereka dan menggunakan gambar itu sebagai avatar. Namun, kerja sama ini belum selesai. 

XZ1 memiliki layar 1080p HDR sebesar 5,2 inci sementara Compact memiliki layar 720p dengan ukuran lebih kecil, 4,6 inci. Keduanya dilapisi dengan Gorilla Glass 5 dan memiliki sertifikasi IP68, yang berarti ia bisa dimasukkan ke dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit. 

Keduanya menggunakan Qualcomm Snapdragon 835 sebagai prosesor, RAM 4GB dan kapasitas baterai sebesar 2.700 mAh. XZ1 memiliki memori internal 64GB sementara Compact memiliki memori 32GB. Keduanya sudah dilengkapi dengan slot microSD. 

Dari segi desain, Sony memang melakukan sedikit perubahan pada smartphone barunya. Namun, tidak ada ponselnya yang menggunakan layar edge-to-edge atau rasio yang lebih besar serta masih memiliki bezel yang besar. Lain dengan smartphone premium dari pesaingnya, seperti LG dan Samsung. Xperia XZ dihargai USD700 (Rp9,3 juta) sementara XZ1 Compact akan dihargai USD600 (Rp8 juta). 


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

21 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.