ASUS Ciptakan AREZ, VGA Khusus Radeon?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 09 Apr 2018 08:07 WIB
asus
ASUS Ciptakan AREZ, VGA Khusus Radeon?
Kartu grafis merek ASUS ROG Strix.

Jakarta: Beredar kabar ASUS tengah menyiapkan merek baru untuk produk VGA atau kartu garfis dengan nama AREZ. Kehadiran merek ini kabarnya dibarengi rumor lain bahwa AREZ akan ditujukan khusus untuk GPU AMD Radeon.

Rumor lainnya menyebutkan bahwa hal ini terjadi akibat program yang digulirkan NVIDIA, yakni GeForce Partner Program (GPP). Dikutip dari TechSpot , program ini merupakan kerja sama eksklusif antara vendor dengan NVIDIA. NVIDIA akan membantu pengembangan produk hingga pemasarannya.

Artinya, program ini sebetulnya cara halus NVIDIA memonopoli bisnis kartu grafis dengan menutup kesempatan AMD bekerja sama dengan para vendor. Oleh sebab itu, beredar rumor bahwa AREZ adalah kartu grafis ASUS khusus untuk AMD Radeon.

ASUS ROG akan ditujukan untuk GPU NVIDIA, sedangkan untuk yang menggunakan GPU AMD Radeon akan masuk ke lineup AREZ Strix. Penggunaan nama AREZ akan dilakukan pada seluruh lini kartu grafis ASUS.

Sejauh ini pihak, ASUS belum memberikan jawaban atas rumor yang semakin liar berkembang di pasar kartu grafis. Kabar lain menambahkan bahwa ASUS termasuk dalam vendor ketiga yang terjun ke dalam pembagian merek kartu grafis akibat progam NVIDIA GPP.

Situs komponen atau hardware HardOCP disebut telah melakukan investigasi atas program NVIDIA GPP dan menyimpulkan bahwa program ini mengancam kebebasan konsumen dalam memililih produk, dan dapat menciptakan persaingan bisnis yang tidak sehat.

Menanggapi hal tersebut pihak NVIDIA menyatakan bahwa program mereka tidak bersifat eksklusif, dan setiap mitra vendor yang bekerja sama bisa berhenti dari progran tersebut kapan saja dan sagat transparan dalam operasionalnya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.