Facebook Coba Pantau Durasi Penggunanya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 23 Jun 2018 14:19 WIB
facebook
Facebook Coba Pantau Durasi Penggunanya
Notifikasi Facebook. (Getty Images)

Jakarta: Setelah diterpa kasus kebocoran data Cambridge Analytica, media sosial buatan Mark Zuckerberg terus berbenah.

Diketahui bahwa Facebook tengah menguji fitur terbaru bernama "Your Time on Facebook" di beberapa penggunanya.

Sesuai namanya, fitur baru yang masih dalam tahap uji coba ini menyediakan kesempatan bagi Anda memantau seberapa lama dan sering Anda mengakses aplikasi Facebook. Artinya Facebook akan memantau dan mencatat durasi Anda saat mengakses konten Facebook.

Tech Crunch yang menemukan fitur tersebut di beberapa pengguna Facebook melihat bahwa fitur ini akan membuat Facebook memantau dan mencatat durasi akses penggunanya selama tujuh hari alias seminggu.

Pengguna juga bisa membuat daily reminder atau alarm saat pengguna melampaui batas akses Facebook yang diinginkan, termasuk mengatur jenis notifikasi yang akan Anda terima dari aktivitas Facebook.



Boleh dibilang bahwa cara ini ditempuh Facebook sebagai bentuk kepedulian terhadap ketergantungan penggunanya. Riset memang membuktikan bahwa kebiasaan ini sudah tergolong buruk, bahkan mengganggu kehidupan sehari-hari.

Di bulan lalu, media sosial yang juga bernaung di bahwa induk Facebook yaitu Instagram juga tengah mengembangkan fitur yang yang sama. CEO Instagram Kevin Systrom mengkonfirmasi bahwa mereka ingin menyediakan insight mengenai seberapa lama penggunanya mengakses platform media sosial mereka.

Systrom saat itu menyatakan bahwa penyedia platform juga harus bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan dari layanan mereka kepada penggunanya termasuk kasus ketergantungan pengguna terhadap media sosial yang berakibat buruk.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.