Lenovo: Pelanggan Korporat Lebih Sadar Keamanan dari Konsumen

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 10 Apr 2018 10:30 WIB
lenovolaptop
Lenovo: Pelanggan Korporat Lebih Sadar Keamanan dari Konsumen
Keamanan jadi salah satu keunggulan Lenovo Carbon X1. (medcom.id)

Jakarta: Salah satu fitur yang Lenovo unggulkan dari Thinkpad Carbon X1 terbaru adalah keamanan. Laptop ini dilengkapi sebuah token yang berfungsi layaknya autentikasi dua faktor. Token ini bisa digunakan untuk sebagai verifikasi untuk masuk ke situs-situs tertentu seperti Google dan Facebook. 

Jadi, meskipun seseorang mengetahui username dan password Anda, dia tidak akan bisa mengakses akun Anda tanpa token tersebut. Namun, sebenarnya layanan seperti Google dan Facebook sudah menyediakan fitur autentikasi dua faktor. 

Ketika fitur keamanan ekstra tersebut aktif, setelah memasukkan username dan password, Anda akan mendapatkan kode di ponsel Anda. Anda hanya bisa masuk ke akun Anda setelah memasukkan nomor kode tersebut. 


Token yang tersedia pada Lenovo Carbon X1. (Medcom.id)

Sayangnya, tidak banyak orang menggunakan fitur autentikasi dua faktor. Belum lama ini, Google menyebutkan bahwa kurang dari 10 persen penggunanya yang menggunakan fitur keamanan itu.

Meskipun begitu, Technical Manager Lenovo Indonesia, Azis Wonosari menyebutkan, para pelanggan korporat Lenovo cukup sadar akan pentingnya keamanan. 

Meskipun tidak menyebutkan angka pastinya, dia memperkirakan, lebih dari setengah pelanggan korporat Lenovo sadar betapa pentingnya keamanan siber.

"Beberapa pelanggan enterprise kami menggunakan sistem keamanan multilayer," kata pria yang akrab dengan panggilan Azis ini ketika ditemui di kantor Lenovo di BNI 46. 

Azis mencontohkan, selain menggunakan username dan password untuk masuk ke laptop, pelanggan mereka juga mengenkripsi penyimpanan dari laptop karyawannya.

"Memang tidak semua, tapi kebanyakan sudah sadar soal keamanan siber," ujarnya. "Berbeda memang dengan konsumen yang merasa username dan password saja sudah cukup." 

Selain itu, dia menyebutkan Lenovo juga biasanya melakukan edukasi pada para pelanggan. Contohnya, dalam peluncuran Lenovo Thinkpad Carbon di Indonesia, perusahaan asal Tiongkok itu menghadirkan seorang pembicara di bidang keamanan siber. 


(MMI)

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan
Review Smartphone

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan

1 day Ago

Oppo menghadirkan pengalaman menggunakan kamera dan hasil foto yang baik dan menyenangkan, berk…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.