Garmin Descent Mk1, Jam Tangan Pintar Khusus Teknisi dan Penyelam

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 04 Apr 2018 15:20 WIB
teknologi
Garmin Descent Mk1, Jam Tangan Pintar Khusus Teknisi dan Penyelam
Garmin meluncurkan komputer selam pertamanya berbentuk jam tangan, Descent Mk1.

Jakarta: Garmin Indonesia resmi meluncurkan Descent Mk1, komputer selam dengan desain berbentuk jam tangan, menawarkan fungsi navigasi GPS permukaan dengan tampilan kaya warna. Perangkat ini dirancang untuk penyelam bebas, teknisi dan pekerja di ranah hiburan.

“Dengan berbagai fitur yang terpasang, produk ini bisa digunakan saat menyelam maupun di luar air, dengan bentuk berupa jam tangan, Anda takkan perlu melepasnya,” kata Engelhard (Al) Sundoro, Managing Director, Garmin South Asia.

Perangkat ini diklaim memungkinkan penyelam untuk merencanakan aktivitas bawah air langsung dari jam tangan, via menggunkan GPS penanda titik mulai dan akhir kegiatan penyelaman secara otomatis.

Descent Mk1 menawarkan sejumlah mode selam, kompas 3 sumbu, data dalam penyelaman, dan fungsi multi-sport.

Data yang tercatat pada fungsi yang tersedia pada Descent Mk1 dapat diakses melalui aplikasi Garmin Connect Mobile, dan dapat dibagikan ke komunitas penyelam online Garmin.

Produk ini juga menggunakan algoritma Bühlmann ZHL-16c dengan setelan konservatif yang bisa diatur, dengan memilih salah satu dari tiga tingkat konservatif yang tersedia, atau tentukan Faktor Gradien secara manual.

Descent Mk1 tersedia dengan bezel berbahan stainless-steel dan tali jam tangan berbahan silikon.

Tali jam tersebut juga didukung Quick Fit, memungkinkan penyelam untuk mengganti tali secara cepat, guna menyesuaikan panjang tali yang dibutuhkan dengan wetsuit atau pakaian selam yang digunakan.

Jam tangan ini mengusung desain cembung pada kaca jam, berbahan safir yang diklaim tahan goresan, guna melindungi layar 1,2 inci. Selain itu, perangkat ini juga berbekal daya tahan terdapat air hingga kedalaman 100 meter, dan didukung baterai dengan daya tahan selama 36 jam dalam mode selam, 18 hari dalam mode jam tangan, 10 hari dalam mode ponsel pintar, 20 jam dalam mode aktivitas GPS/HR, dan hingga 28 jam dalam mode UltraTrac.

Descent Mk1 dipasarkan seharga Rp17.099.000. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.