Sekilas Mengenai SOLIDWORKS

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 26 Aug 2014 16:04 WIB
dassault systeme
Sekilas Mengenai SOLIDWORKS

Metrotvnews.com: SOLIDWORKS, nama ini mungkin terdengar asing di telinga kita. Namun, untuk orang-orang yang berkecimpung dalam dunia desain grafis tiga dimensi, ini adalah nama yang cukup terkenal.

SOLIDWORKS pada dasarnya merupakan aplikasi grafis tiga dimensi yang berfokus pada pengembangan perangkat. Artinya, software ini adalah duet maut untuk para pengembang dalam berbagai industri, seperti penerbangan, otomotif, dan medis.

Ia membantu para penggunanya dalam merancang, menggambar, dan menciptakan berbagai perangkat yang membantu kemajuan umat manusia.

Selain merancang, para praktisi dan peneliti yang menggunakannya juga bisa menjalankan simulasi untuk mengetahui apakah rancangan tersebut beroperasi sesuai fungsinya.

Contoh mudahnya adalah menciptakan tangan buatan yang berguna untuk orang yang terlahir hanya dengan sebelah tangan. Tangan tersebut mungkin hanya memiliki tiga jari, tetapi memiliki daya genggam dan sensitivitas yang sama dengan tangan manusia asli. Oleh karena itu, tangan buatan ini bisa memegang gelas atau telur tanpa harus memecahkannya.

Kalangan perusahaan memang menjadi target utama karena merekalah yang berperan penting dalam menyediakan berbagai produk yang hadir di tengah masyarakat, namun, bukan berarti bahwa mereka tidak memperhatikan kalangan konsumen perorangan. SOLIDWORKS juga tersedia untuk para pelajar dan pebisnis dengan skala yang lebih kecil.

Pihak Dassaults Systemes juga mengkalim bahwa mereka telah bekerja sama dengan beberapa universitas terkemuka. Tidak tertutup juga kemungkinan untuk bekerja sama dengan universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk memahami lebih jauh, Anda dapat mengunjungi situs resmi mereka di www.solidworks.com.

 


(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.