App Store Pecahkan Rekor Penjualan Rp4 Triliun di 1 Januari

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 05 Jan 2018 12:56 WIB
apple
App Store Pecahkan Rekor Penjualan Rp4 Triliun di 1 Januari
Apple melaporkan rekor yang dicapai App Store pada musim liburan Natal dan Tahun baru 2018 lalu.

Jakarta: Apple mengumumkan App Store berhasil memecahkan rekor musim liburan lalu. Selama minggu dari malam Natal hingga tujuh hari setelahnya, App Store mencatat sebanyak USD890 juta (Rp11,8 triliun) dihabiskan konsumen pada toko aplikasi tersebut.

Pada hari pertama tahun 2018, tercatat transaksi dengan nilai sebesar USD300 juta (Rp4 triliun) di App Store. Kepala pemasaran Apple Phile Schiller menyebut Apple bahagia atas tanggapan yang diberikan konsumen terhadap App Store versi baru, yang diperkenalkan pada iOS 11.

Menurut Apple, game Augmented Reality (AR) Pokemon Go merajai bagan App Store pada 21 Desember lalu, setelah fitur AR baru diperkenalkan. Apple juga menyebut bahwa terdapat hampir sebanyak 2.000 aplikasi berkemampuan ARKit di toko aplikasinya tersebut.

Kategori game AR tersebut dimeriahkan oleh judul populer termasuk CSR Racing 2, Stack AR, Kings of Pool, Amazon, Wayfair, Night Sky, Pitu, dan Snapchat. Penyebutan Apple ARKit sebagai tanggapan dari laporan yang mengindikasikan ketertarikan terhadap aplikasi ARKit telah memudar.

Data App Store dibagikan pada 3 Januari waktu Amerika Serikat oleh Apptopia, mengindikasikan bahwa dalam kurun waktu dua bulan terakhir, perilisan aplikasi dengan kompatibilitas ARKit semakin sedikit.

Melalui iOS 11, Apple memperkenalkan App Store baru dengan pemisahan aplikasi dan game ke dalam kategori berbeda, guna meningkatkan pengalaman pengguna terkait pencarian aplikasi. App Store berdesain baru ini juga dilengkapi dengan bagian "Today".

Bagian Today tersebut menampilkan informasi terkait aplikasi dan game populer baru, yang diperbarui Apple secara rutin setiap harinya.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.