TSMC Prediksi Penurunan Distribusi Ponsel High-End

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 19 Jan 2018 14:07 WIB
teknologi
TSMC Prediksi Penurunan Distribusi Ponsel High-End
TSMC memprediksikan penurunan pendistribusian smartphone high-end pada tahun 2018 ini.

Jakarta: TSMC, perusahan produsen chipset A11 Bionic untuk model iPhone 2017, memprediksi penurunan terkait distribusi perangkat high-end pada tahun 2018. Prediksi tersebut disampaikan oleh Co-Chief Exexcutive TSMC C.C. Wei.

Selain itu, Wei juga memprediksi pendistribusian perangkat kelas menengah dan bawah akan meningkat selama tahun 2018 ini. TSMC memperkirakan bagan terkait pendapatan untuk perangkat mobile tahun ini akan datar, jika dibandingkan dengan tahun 2017.

TSMC juga mengaku telah menerima informasi bahwa perusahaannya akan menjadi produsen utama dari chipset Apple A12. Chipset tersebut akan membekali smartphone Apple keluaran tahun 2018.

TSMC juga memproduksi chip ponsel mobile yang dirancang oleh Qualcomm, Huawei Hisilicon, dan MediaTek. Tahun ini, TSMC mendistribusikan chipset yang diproduksi dengan proses 7nm, dan telah berencana untuk menguji node 5nm dan 3nm.

Divisi mobile TSMC menyumbang sebesar 50 persen dari keseluruhan pendapatan perusahaan, yang mencapai sebesar USD33 miliar (Rp440 triliun) pada tahun lalu.

Laporan terbaru yang dirilis di Korea Selatan menyebut Samsung dalam tahap akhir persiapannya dalam pengembangan Neural Processing Units (NPU), juga dikenal masyarakat dengan nama chip AI.

Komponen ini akan meningkatkan kemampuan perangkat dan server mobile untuk menjalankan teknologi kecerdasan buatan berbasis software. Salah satu sumber mengungkap bahwa Samsung telah mencapai level yang sama dengan Apple dan Huawei, untuk chip AI karyanya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.