ShopBack Telah Berikan Lebih dari Rp60 Miliar Kepada Konsumen

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 24 Jan 2018 20:33 WIB
e-commerceshopback
ShopBack Telah Berikan Lebih dari Rp60 Miliar Kepada Konsumen
Co-founder dan Country Head ShopBack Indonesia, Indra Yonathan. (MTVN)

Jakarta: Beroperasi selama dua tahun di Indonesia, ShopBack telah memberikan uang kembali atau cashback pada penggunanya sebesar lebih dari Rp60 miliar.

ShopBack adalah layanan agregator e-commerce yang akan menawarkan uang kembali pada pengguna yang melakukan transaksi melalui platform mereka. 

Jenis transaksi yang bisa dilakukan pelanggan beragam, mulai dari membeli gadget, memesan tiket pesawat sampai menggunakan jasa transportasi online.

Persentase uang kembali yang pelanggan dapatkan beragam, sekitar 2 persen sampai 30 persen. Cashback yang pengguna dapatkan bisa ditransfer ke rekening bank miliknya atau ditukarkan dengan pulsa. 

Dalam pertemuan yang diadakan di kantor ShopBack di Wisma 77, Co-founder dan Country Head ShopBack Indonesia, Indra Yonathan mengungkap rencananya untuk menumbuhkan bisnis di Indonesia sebesar 300 persen. Dia mengaku percaya diri target tersebut akan bisa dicapai. 



Terkait strategi, Yonathan menyebutkan bahwa dia akan menggunakan strategi "word of mouth" atau promosi dari mulut ke mulut. "Konsumen yang sudah terbiasa menggunakan ShopBack, kami akan memberikan insentif agar mereka juga mengajak teman mereka untuk menggunakan ShopBack," ujar Yonathan. 

Selain itu, Yonathan menyebutkan, ShopBack berencana untuk menggandeng Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sudah menjual produknya secara online. Saat ini, ShopBack telah memiliki 183 rekan e-commerce. Kebanyakan dari mereka adalah perusahaan e-commerce ternama seperti Lazada, Tokopedia dan Shopee. 

Tahun ini, dia berharap akan dapat mengajak 1.000 UKM bekerja sama. Tidak hanya itu, ShopBack juga tertarik untuk bekerja sama dengan merek seperti Samsung, Oppo, dan Vivo. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.