CEO Samsung Kwon Oh-hyun Lepas Jabatan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 13 Oct 2017 12:06 WIB
samsung
CEO Samsung Kwon Oh-hyun Lepas Jabatan
CEO Samsung mundur. (Bloomberg via Getty Images)

Metrotvnews.com: Kwon Oh-hyun, CEO dan Vice Chairman Samsung Electronics serta bos dari bisnis komponen Samsung, mengundurkan diri. Dia juga akan melepas jabatan CEO, posisinya di dewan juga jabatan sebagai CEO Samsung Display pada Maret 2018. 

"Ini adalah sesuatu yang telah saya pikirkan dalam waktu lama. Ini bukan keputusan mudah, tapi saya merasa ini tidak bisa lagi ditunda," kata Kwon dalam surat untuk para pegawai, lapor The Verge.

"Ketika kita dihadapkan pada krisis yang belum pernah kita hadapi, baik dari luar atau dalam perusahaan, saya rasa sudah waktunya perusahaan mendapat awal baru dengan semangat baru dan para pemimpin muda untuk menghadapi berbagai tantang dari industri TI yang berubah dengan cepat."

Krisis yang dimaksud oleh Kwon dalam suratnya adalah hukuman penjara pada Lee Jae-yong, pemimpin de facto dari seluruh grup Samsung, atas tuduhan korupsi.

Meskipun Lee tidak turun tangan langsung dalam operasi sehari-hari bisnis Samsung Electronics, pengunduran diri Kwon merupakan bukti bahwa skandal ini bisa memberikan dampak besar atas operasi dan budaya perusahaan Korea Selatan itu. 

Saat ini, performa Samsung masih sangat baik. Mereka mengumumkan perkiraan laporan keuangan yang menunjukkan bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan besar.

Mereka memperkirakan, keuntungan operasional mereka akan mencapai tiga kali lipat dari tahun lalu, menunjukkan bahwa mereka telah pulih dari bencana Galaxy Note 7 tahun lalu. Meskipun begitu, Kwon berkata, performa saat ini adalah berkat keputusan yang dibuat di masa lalu. Dia meragukan kemampuan perusahaan untuk memprediksi tren dan tumbuh di masa depan. 

"Tidak ada kata yang bisa menjelaskan betapa bangganya saya kami berhasil membangun salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Kami telah menempuh perjalanan panjang untuk menciptakan perusahaan yang mengubah cara masyarakat hidup, bekerja dan berkomunikasi dengan satu sama lain," tulis Kwon dalam suratnya.

"Tapi, perusahaan kini membutuhkan pemimpin baru dan sudah waktunya bagi saya untuk masuk ke babak berikutnya dari perjalanan saya."

Kwon (64) telah menjadi CEO Samsung Electronics sejak 2012. Dia menjadi CEO Samsung Display pada 2016. Dia bergabung dengan Samsung pada 1985. Dia memimpin bisnis semikonduktor Samsung sebelum dia ditunjuk sebagai CEO. Saat ini, Samsung belum mengumumkan pengganti dari Kwon. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.