MWC 2018

LG V30S ThinQ: Desain Sama, Kamera Baru

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 26 Feb 2018 14:12 WIB
lgmwc 2018
LG V30S ThinQ: Desain Sama, Kamera Baru
LG V30S ThinQ memiliki desain sama persis dengan LG V30.

Jakarta: LG biasanya meluncurkan smartphone premium dalam ajang Mobile World Congress. Pada 2016, mereka memperkenalkan ponsel modularnya, LG G5. Pada 2017, mereka meluncurkan LG G6, yang merupakan salah satu ponsel pertama dengan desain bezel tipis.

Tahun ini, LG meluncurkan varian baru dari smartphone premiumnya tahun lalu: LG V30S ThinQ. 
V30S menggunakan Android Oreo sebagai sistem operasi. P

onsel itu memiliki desain yang sama persis dengan LG V30, kamera yang sama, layar dengan rasio 18:9 yang sama, baterai 3.300 mAh yang sama dan juga prosesor yang sama, yaitu Snapdragon 835. 

Dua perbaikan yang LG tanamkan pada V30S adalah RAM dan memori internal. Jika LG V30 hanya memiliki RAM 4GB dengan opsi memori internal 64GB atau 128GB, LG V30S memiliki RAM 6GB dengan opsi memori internal 128GB dan 256GB. Untuk masalah warna, ponsel ini tersedia dalam warna New Platinum Grey dan New Moroccan Blue. 



Sejatinya, LG meluncurkan pembaruan software dengan V30S. Dalam presentasinya, LG membahas tentang AI Cam, yang LG beli lisensinya dari EyeEm. LG menyebutkan bahwa sistem pembelajaran mesin ini telah dilatih menggunakan 100 juta gambar. 

Sistem kamera pada LG V30S akan memunculkan kata-kata kunci terkait dengan hal-hal yang ia kenali ketika Anda mengarahkan kamera ke beberapa obyek. Ini adalah cara cepat untuk memastikan bahwa kamera bisa mengenali keadaan dengan cepat. Menurut The Verge, kamera yang dilengkapi dengan AI Cam menghasilkan gambar dengan warna yang lebih akurat. 

Satu fitur baru yang LG tanamkan pada kamera V30S adalah Bright Mode, yang menggabungkan empat pixel ke dalam satu pixel untuk menciptakan foto yang lebih terang dalam keadaan remang-remang. Namun, ketika Anda menggunakan mode ini, maka gambar yang dihasilkan akan memiliki resolusi yang lebih kecil.

Menariknya, LG menyebutkan bahwa mereka akan meluncurkan fitur-fitur baru yang ada pada V30S pada ponsel V30. Hal ini memunculkan pertanyaan, mengapa LG meluncurkan ponsel yang sama sekali baru?

Terlihat jelas bahwa smartphone premium LG belum siap untuk ditampilkan pada MWC. Namun, perusahaan asal Korea Selatan itu tampaknya tidak ingin datang ke Barcelona dengan tangan kosong. Karena itulah, LG meluncurkan varian baru dari smartphone premiumnya tahun lalu. 

LG V30S ThinQ akan dijual di Korea Selatan dalam dua minggu. Setelah itu, ponsel tersebut baru akan tersedia di pasar global. Harga dari ponsel ini akan ditentukan berdasarkan tempat ia dijual. Di Indonesia, LG meluncurkan V30+ pada bulan Desember lalu. Ponsel itu dihargai Rp10 juta. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.