Raksasa Internet Tiongkok Kembali Catat Keuntungan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 31 Oct 2017 19:11 WIB
baidu
Raksasa Internet Tiongkok Kembali Catat Keuntungan
Kantor Baidu di Beijing, Tiongkok.

Metrotvnews.com: Perusahaan raksasa internet Tiongkok Baidu masih berjaya di tahun ini. Hal ini diketahui dari keuntungan yang diperoleh perusahaan tersebut di kuartal ke-3.

Seperti yang dilaporkan oleh CNBC, mengutip rilis yang dibagikan oleh pihak Baidu, perusahaan tersebut mengantongi pendapatan total sebesar RMB23,5 miliar atau setara USD3,53 miliar. Angka ini merepresentasikan peningkatan pendapatan 29 persen dari kuartal yang sama di tahun lalu.

Keberhasilan tersebut menurut Co-founder sekaligus CEO Baidu, Robin Li, sebagai kesuksesan yang didukung strategi perusahaannya untuk tidak hanya memperkuat bisnis di layanan mobile internet, tetapi juga pengembangan teknologi serta layanan yang berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

"Kami ingin perusahaan kami menjadi penyedialan layanan, teknologi, dan ekosistem kecerdasan buatan yang paling maju. Perkembangan teknologi tersebut nantinya dipergunakan untuk mengembangkan layanan yang lebih baik lagi kepada user kami. Mulai dari perangkat pintar, kendaraan otonom, dan layanan kecerdasan buatan yang ditunjukkan untuk industri," beber Li.

Dari angka total pendapatan tadi disebutkan 73 persennya berasal dari layanan internet. Hal ini didorong dari keberhasilan layanan video streaming Baidu iQIYI yang menyediakan lisensi untuk Netflix tayang di Tiongkok lewat layanan mereka. Tentu saja hal ini membuat angka belanja konten Baidu meningkat dan sepadan dengan hasil yang diperoleh.

Lonjakan pendapatan yang diterima Baidu juga tidak hanya dari layanan yang diberikan, tetapi dari investasi yang diterima untuk proyek penelitian mereka. Biaya penelitian Baidu sendiri mengalami peningkatan sebanyak 24 persen dengan nilai RMB3,2 miliar atau USD487 juta. Investasi tersebut fokus pada pemgembangan kendaraan otonom dan perangkat pintar dengan perintah suara.


(MMI)