Pilkada Serentak 2017, Netizen Keluhkan Banjir Atribut Kampanye

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 17 Feb 2017 14:11 WIB
teknologiaplikasi
Pilkada Serentak 2017, Netizen Keluhkan Banjir Atribut Kampanye
Mastel dan Qlue mengumumkan hasil pemantauan Pilkada serentak 2017.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mastel dan Qlue mengumumkan hasil pemantauan Pilkada serentak 2017 hari ini, Jumat (17/2/17), di kantor sekretariat Mastel. Hasil pemantauan ini dihimpun dari laporan pengaduan dari masyarakat beberapa bulan jelang pilkada serentak berlangsung.

"Kami berharap Qlue bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk melaporkan hal yang berpotensi untuk mengganggu jalannya Pilkada. Hasil laporan ini akan segera kami laporkan kepada Bawaslu," ujar Ketua Bidang Kebijakan Strategis Mastel, Teguh Prasetya.

Dari proses pengumpulan laporan dijalankan Qlue dan Mastel sejak 1 Desember 2016 hingga 16 Februari 2017, Qlue menghimpun sebanyak 803 pengaduan yang disampaikan masyarakat melalui platformnya.

Dari laporan pengaduan tersebut, tercatat sebanyak 83,1 persen pengaduan masyarakat terkait atribut kampanye, sedangkan 8,9 persen pengaduan terkait Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sementara itu, sebanyak 4,4 persen terkait dengan Daftar Pemilih Tetap.

Banyaknya laporan pengaduan yang disampaikan masyakarat melalui Qlue dinilai sebagai sinyal positif, terkait dengan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengawasi jalannya pilkada secara bersama-sama, sehingga tergerak untuk berperan aktif dalam mengawal jalannya pilkada tahun ini.

Mastel dan Qlue juga menyebut, berencana untuk menghadirkan platform lebih baik pada pilkada DKI Jakarta putaran kedua, berbekal kemampuan menampilkan data jalannya pemilihan secara langsung pada dashboard situs Qlue.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.