Aplikasi KBBI Tersedia untuk Android dan iOS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 18 Nov 2016 13:08 WIB
aplikasi
Aplikasi KBBI Tersedia untuk Android dan iOS
Antarmuka aplikasi KBBI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Bahasa, Kemendikbud baru saja meluncurkan aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI untuk iOS dan Android. Dengan begitu, Anda tidak lagi perlu menenteng kamus tebal dan berat.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan memudahkan Anda untuk mencari kata tertentu dalam KBBI karena adanya fitur pencarian. Sebelum ini, Kemendikbud juga telah menyediakan situs KBBI. Namun, dengan aplikasi ini, Anda bisa menggunakan KBBI tanpa harus terhubung ke internet. 

Aplikasi KBBI tampil sederhana dan rapi, memudahkan Anda untuk memakainya. Pada bagian atas, terdapat kolom pencarian. Di situ, Anda bisa mengetikkan kata yang hendak Anda cari. Saat mengetikkan kata, secara otomatis akan muncul kata yang diusulkan. Tap kata yang Anda inginkan dan arti kata itu akan muncul.

Selain arti kata, Anda juga dapat melihat peribahasa, gabungan kata dan kata turunan dari kata yang Anda cari. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di samping, gabungan kata dan kata turunan dari sebuah kata akan tertulis dalam warna biru.

Jika Anda memilh salah satu kata itu, Anda akan masuk ke dalam bagian baru yang menunjukkan arti dari kata turunan atau gabungan kata tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita memerlukan bantuan kamus untuk mengetahui apakah sebuah kata baku atau tidak. Dalam aplikasi KBBI, jika Anda mengetikkan kata tidak baku, seperti "apotik" maka akan tertulis penjelasan bahwa kata tersebut merupakan bentuk tidak baku dari "Apotek". Dan Anda bisa memilih kata baku tersebut untuk tahu artinya. 

Saat Anda membuka menu, yang dilambangkan oleh 3 garis pada kiri atas, Anda akan melihat 5 kategori kamus, yaitu Bahasa, Bidang, Kelas kata, Ragam dan Jenis. Di sini, Anda bisa mencari kata berdasarkan pembagian tersebut. Jika tertarik, Anda bisa mengunduh aplikasi KBBI ini secara gratis di Play Store atau App Store.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.