Aplikasi KBBI Tersedia untuk Android dan iOS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 18 Nov 2016 13:08 WIB
aplikasi
Aplikasi KBBI Tersedia untuk Android dan iOS
Antarmuka aplikasi KBBI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Bahasa, Kemendikbud baru saja meluncurkan aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI untuk iOS dan Android. Dengan begitu, Anda tidak lagi perlu menenteng kamus tebal dan berat.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan memudahkan Anda untuk mencari kata tertentu dalam KBBI karena adanya fitur pencarian. Sebelum ini, Kemendikbud juga telah menyediakan situs KBBI. Namun, dengan aplikasi ini, Anda bisa menggunakan KBBI tanpa harus terhubung ke internet. 

Aplikasi KBBI tampil sederhana dan rapi, memudahkan Anda untuk memakainya. Pada bagian atas, terdapat kolom pencarian. Di situ, Anda bisa mengetikkan kata yang hendak Anda cari. Saat mengetikkan kata, secara otomatis akan muncul kata yang diusulkan. Tap kata yang Anda inginkan dan arti kata itu akan muncul.

Selain arti kata, Anda juga dapat melihat peribahasa, gabungan kata dan kata turunan dari kata yang Anda cari. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di samping, gabungan kata dan kata turunan dari sebuah kata akan tertulis dalam warna biru.

Jika Anda memilh salah satu kata itu, Anda akan masuk ke dalam bagian baru yang menunjukkan arti dari kata turunan atau gabungan kata tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita memerlukan bantuan kamus untuk mengetahui apakah sebuah kata baku atau tidak. Dalam aplikasi KBBI, jika Anda mengetikkan kata tidak baku, seperti "apotik" maka akan tertulis penjelasan bahwa kata tersebut merupakan bentuk tidak baku dari "Apotek". Dan Anda bisa memilih kata baku tersebut untuk tahu artinya. 

Saat Anda membuka menu, yang dilambangkan oleh 3 garis pada kiri atas, Anda akan melihat 5 kategori kamus, yaitu Bahasa, Bidang, Kelas kata, Ragam dan Jenis. Di sini, Anda bisa mencari kata berdasarkan pembagian tersebut. Jika tertarik, Anda bisa mengunduh aplikasi KBBI ini secara gratis di Play Store atau App Store.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /