Gencar Bangun Smart City, AS Investasi Rp2,15 Triliun

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 17 Oct 2016 13:23 WIB
smart city
Gencar Bangun Smart City, AS Investasi Rp2,15 Triliun
Amerika Serikat menginvestasikan dana sebesar USD165 juta untuk mengembangkan dan menerapkan solusi smart city.

Metrotvnews.com: Departemen Transportasi Amerika Serikat mengumumkan investasi sebesar USD165 juta (Rp2,15 triliun) untuk solusi smart city. Investasi ini berasal dari pendanaan publik sebesar USD65 juta (Rp848,7 miliar) dan pendanaan dari sumber lain sebesar USD100 juta (Rp1,3 triliun).

Investasi sebesar USD100 juta tersebut merupakan dana yang akan digunakan untuk mengembangkan teknologi transportasi yang lebih canggih. Investasi ini diumumkan pada konferensi White House Frontiers dan merupakan bagian dari White House Smart Cities Initiative.

Pendanaan ini ditujukan untuk membantu mengurangi kemacetan lalu lintas, serta meningkatkan keamanan untuk pengendara dan pejalan kaki. Sebagai contoh, Pittsburg akan mendapatkan pendanaan sebesar USD11 juta (Rp143,6 miliar) dari inisiatif tersebut untuk memasang lampu lalu lintas cerdas.

Sementara itu, negara bagian Denver akan mendapatkan USD6 juta (Rp78,3 miliar) untuk menghubungkan kendaraan dengan harapan akan mengurangi kemacetan selama jam sibuk. Pemerintah lokal akan mendapatkan sekitar USD8 juta (Rp104,5 miliar) untuk meningkatkan mobilitas melalui layanan berbagi mobil dan sepeda, serta bus berbasis permintaan.

Inisiatif ini juga akan memungkinkan lebih banyak kota di Amerika Serikat untuk mengadopsi faktor utama pengaplikasian IoT. Sementara itu, BI Intelligent melaporkan, solusi smart city yang direncanakan Amerika Serikat tersebut memungkinkan pemerintah setempat untuk mengumpulkan dan menganalisa data pada infrastruktur dan layanan publik.

Data tersebut akan bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi, yang berdampak pada kehidupan penduduk di hidup di kota itu. Departemen Transportasi juga bekerja sama dengan penyedia layanan seperti Alphabet Sidewalk Labs untuk mengimplementasikan program dan melanjutkan White House Smart City Challenge, sehingga solusi smart city dapat segera diadopsi oleh kota besar.

Solusi smart city juga tengah dikembangkan dan diaplikasikan di sejumlah negara, salah satunya Indonesia. Di Indonesia, konsep smart city mulai diterapkan sejumlah wilayah, salah satunya di BSD City. Pemerintah DKI Jakarta juga menilai smart city sebagai wujud potensi dari IoT di Indonesia.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

12 hours Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /