IFA 2017

Kulkas Panasonic Bisa Datang Saat Dipanggil

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 03 Sep 2017 16:41 WIB
panasonicifa 2017
Kulkas Panasonic Bisa Datang Saat Dipanggil
Kulkas buatan Panasonic yang bisa bergerak. (CNET / Megan Wollerton)

Metrotvnews.com: Samsung bukan satu-satunya perusahaan yang memamerkan perabot rumah tangga baru di IFA 2017. Panasonic juga memperkenalkan kulkas yang bisa datang ke pengguna ketika diperintahkan. Namun, saat ini, perangkat tersebut tidak lebih dari konsep. 

Pada dasarnya, Movable Fridge buatan Panasonic adalah sebuah kulkas yang diletakkan di atas robot pembersih debu dan dilengkapi dengan antarmuka suara. Kulkas ini juga dilengkapi dengan LIDAR (Light Detection and Ranging) dan sensor kedalaman. Dengan begitu, secara teori, perangkat ini akan bisa memindai rumah Anda dan berjalan di dalamnya tanpa menabrak perabot lain atau hewan peliharaan, lapor Engadget.

Panasonic menyebutkan, kulkas ini dilengkapi dengan antarmuka suara yang akan terus aktif sehingga ketika ia mendengar perintah dari pengguna -- seperti "Kulkas, kemari" -- maka ia akan mematuhi perintah tersebut dan datang mendekat ke pengguna tanpa menabrak obyek lain. 

Perusahaan asal Jepang itu mengaku, kulkas ini dibuat untuk orang tua atau mereka yang memiliki mobilitas terbatas. Karena kulkas ini bisa berjalan ke pengguna, maka dia tidak perlu lagi berjalan ke dapur. Panasonic juga mempertimbangkan untuk menambahkan bagian penghangat makanan di atas kulkas. Jadi, pengguna bisa dengan mudah memindahkan makanan hangat dari satu ruangan ke ruangan lain. 

Namun, mengingat perangkat ini masih berupa konsep, belum diketahui kapan Panasonic akan merealisasikannya menjadi produk yang bisa digunakan oleh konsumen. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.