Pengembang Aplikasi Tiongkok Laporkan Apple ke Pemerintah, Kenapa?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 11 Aug 2017 13:33 WIB
apple
Pengembang Aplikasi Tiongkok Laporkan Apple ke Pemerintah, Kenapa?
Apple dilaporkan kepada regulator antitrust Tiongkok dengan keluhan perilaku monopoli.

Metrotvnews.com: Apple dilaporkan kepada regulator antitrust oleh kelompok berjumlah 28 pengembang aplikasi, dengan tuduhan perilaku monopoli. Pengembang tersebut mendaftarkan tiga keluhan utama, terkait biaya, alasan penghapusan dan ketidakadilan terhadap pengembang lokal.

9to5Mac melaporkan, kelompok pengembang tersebut mendaftarkan keluhan formal didaftarkan ke dua lembaga pemerintah Tiongkok terpisah, yaitu National Development and Reform Commission and the State Administration for Industry & Commerce.

Keluhan tersebut didaftarkan oleh pengacara, Lin Wei dari Beijing Dare & Sure, yang menyebut meminta campur tangan regulator merupakan cara terbaik untuk menangani permasalahan tersebut. Tidak konsisten dan kurangnya transparansi terkait persetujuan aplikasi juga menjadi keluhan yang diajukan pengembang di Amerika Serikat.

Kepada Wall Street Journal, Apple menyebut tidak ada perbedaan terkait peraturan yang diterapkannya di berbagai negara. Selain itu, Apple juga menyebut pengembang berhak untuk meminta pengulasan ulang jika tidak setuju dengan keputusan yang diambilnya.

Kedua instansi pemerintah tersebut belum memberikan tanggapan saat dimintai komentar terkait rencana investigasi terhadap klaim tersebut. Analis menyebut permasalahan yang dihadapi Apple di Tiongkok berawal saat pemerintah mulai mengkaji perusahaan asal Amerika Serikat tersebut sebagai penyedia konten.

Pengkajian ini berpotensi menggiring Apple ke konflik lebih besar, dengan kendali informasi Tiongkok yang lebih ketat. Apple dikritik di wilayah Tiongkok dan di Amerika Serikat, akibat menuruti permintaan pemerintah untuk menghapus lebih dari 400 VPN aplikasi. Apple menyebut akan menuruti hukum yang berlaku di setiap negara.


(MMI)

Video /