Parrot Mambo FPV, Drone Mungil untuk Adu Balap

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 16 Sep 2017 12:41 WIB
drone
Parrot Mambo FPV, Drone Mungil untuk Adu Balap
Parrot Mambo FPV dengan aksesoris HD Camera dan Parrot Cockpitglasses serta Parrot Flypad

Metrotvnews.com: Semakin terkenalnya drone membuatnya menjadi salah satu sarana hiburan baru, yaitu ketika menjadi objek adu balap.

Adu balap drone sebenarnya bukan hal baru. Perangkat nirawak tersebut punya kemampuan melakukan manuver dan atraksi, tentunya dengan dukungan pemain drone terlatih. Ajang balap drone juga digelar oleh beberapa produsen. Oleh karena itu, tidak heran mereka juga berlomba menghadirkan drone khusus balapan.

Seperti yang dilansir dari 9to5mac, produsen drone ternama asal Perancis, Parrot, baru saja merilis drone terbarunya untuk adu balap dengan harga yang terjangkau. Parrot Mambo FPV dibanderol USD180 atau berkisar Rp2,3 juta. 

Harganya yang terjangkau mengacu kepada spesifikasinya yang tergolong mungil, berdimensi 7,7 inci dan bobot hanya 63 gram. Drone ini bisa melaju dengan kecepatan 30 km per jam, dan mampu terbang selama 10 menit. 

Mengapa drone ini layak untuk dijadikan untuk adu balap? Bukan kecepatan terbangnya yang dilihat, melainkan fitur FPV atau First Person View. FPV membuat pengguna yang menerbangkan Parrot Mambo FPV merasakan sensasi di dalam kokpit atau berada langsung di dalam drone yang terbang. 

FPV hadir berkat dukungan HD kamera yang terletak di atas bodi drone tersebut serta perangkat Parrot Cockpitglasses yang bekerja seperti Google VR. Jadi, gambar yang ditangkap oleh kamera yang terpasang pada Parrot Mambo FPV akan diproyeksikan pada perangkat smartphone yang dipasang pada Parrot Cockpitglass dan terhubung lewat Bluetooth.

Pengguna akan mendapatkan tampilan dengan sudut pandang 120 derajat dengan resolusi 720p. Apabila sebagian besar drone yang berukuran mini dikendalikan dengan smartphone maka untuk Parrot Mambo FPV alat kendalinya menggunakan perangkat khusus yang bernama Parrot Flypad.

Menurut pihak Parrot, perangkat Parrot Cockpitglass dan Flypad dibutuhkan untuk mendukung kemudahan dan keseruan saat beradu balap drone

Ada tiga jenis mode terbang yang disediakan Parrot, pertama adalah easy mode dengan fitur aktif autopilot yang membantu pengguna menerbangkan drone dengan stabil baik horizontal maupun vertikal. Drift mode adalah mode autopilot secara horizontal dinonaktifkan, sehingga drone bisa meliuk dengan cepat dan tajam.

Terakhir adalah race mode, yang menonaktifkan seluruh fitur autopilot sehingga keseimbangan dan kendali drone harus dilakukan secara manual. Meskipun terdengar sulit, tapi fitur ini yang mendukung pengguna untuk melakukan berbagai atraksi di udara dengan Parrot Mambo FPV.


(MMI)

Video /