Imagine Cup 2017

Setelah Imagine Cup, Bagaimana Masa Depan HOAX Analyzer?

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 26 Jul 2017 01:06 WIB
microsoftimagine cup
Setelah Imagine Cup, Bagaimana Masa Depan HOAX Analyzer?
Tim CIMOL saat berada di kampus Microsoft, Seattle, Amerika Serikat

Metrotvnews.com, Seattle: Tim CIMOL asal Bandung, yang menjadi wakil Indonesia dalam Imagine Cup 2017 World Final, mengaku belum menentukan langkah apa yang akan mereka ambil untuk HOAX Analyzer nantinya. 

"Sementara kami ingin fokus untuk memenangkan lomba ini,"  kata anggota CIMOL, Feryandi Nurdiyantoro kepada Metrotvnews.com di Seattle, Amerika Serikat. Ia menekankan bahwa arah pengembangan selanjutnya HOAX Analyzer akan ditentukan setelah mereka mendapatkan hasil di ajang ini.

HOAX Analyzer adalah aplikasi berbasis web yang mampu melacak satu sumber seperti gambar, tulisan atau tautan sebagai palsu atau tidak. Memanfaatkan pembelajaran mesin, aplikasi berbasis web ini akan semakin berkembang seiring dengan meningkatnya penggunaan.

HOAX Analyzer setidaknya memanfaatkan dua layanan Microsoft, yaitu Azure Cognitive Service dan mesin pencarian Bing. Pelacakan sumber referensi juga bisa dibantu oleh kontributor, dengan pengawasan akhir berasal dari tim internal situs ini. 

Selain bisa belajar sendiri, HOAX Analyzer juga mendukung bahasa Indonesia dan Inggris. Tidak tertutup juga kemungkinan untuk penggunaan bahasa lainnya.

Sebelum berangkat ke Seattle, Amerika Serikat, tim CIMOL mendapatkan bimbingan tambahan dari pihak internal Microsoft dan beberapa pelaku startup. Mereka juga mendapatkan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).

Pengembangan yang terus menerus memang harus dilakukan, dan mendapatkan bantuan dari pihak lainnya. Bukan tidak mungkin jika nantinya HOAX Analyzer menjadi salah satu platform pelacak kebenaran yang sangat akurat.


(MMI)

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus
Review Smartphone

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus

1 week Ago

Samsung Galaxy C9 Pro hadir dengan layar besar berukuran 6 inci, dengan dukungan RAM dan memori…

BERITA LAINNYA
Video /